Dinas PUPR Mataram mengefisiensi proyek jalan hingga Rp2,2 miliar

id jalan,banda ,mataram

Dinas PUPR Mataram mengefisiensi proyek jalan hingga Rp2,2 miliar

Salah satu sudut ruas jalan Banda Seraya atau Jalan Wirasenggala Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, segera diperbaiki. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, berhasil melakukan efisiensi anggaran hingga sekitar Rp2,2 miliar untuk perbaikan kualitas jalan dari nilai tender hampir mencapai Rp8 miliar.

"Nilai tender untuk perbaikan kualitas jalan hampir mencapai Rp8 miliar, sedangkan pemenang tender menawar pekerjaan senilai Rp5,6 miliar. Jadi ada efisiensi anggaran sekitar Rp2,2 miliar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram Miftahurrahman di Mataram, Kamis.

Anggaran proyek perbaikan kualitas jalan tersebut, lanjutnya, bersumber dari dana alokasi khusus (DAK), sehingga hasil efisiensi tender tersebut akan dikembalikan ke kas negara.

Dikatakan, dengan anggaran sebesar Rp5,6 miliar tersebut pihak kontraktor akan melakukan beberapa komponen pekerjaan selain peningkatan kualitas jalan dengan hotmix di Jalan Banda Seraya atau Jalan Wira Senggala sepanjang 1,8 kilometer, juga dilakukan rabat bahu jalan dan penataan saluran.

"Proyek tersebut akan dikerjakan dalam waktu lima bulan ke depan dan saat ini sedang dilakukan persiapan kegiatan fisik," katanya.

Menurut dia, kendati proyek peningkatan kualitas jalan tersebut tergolong tinggi melakukan penghematan anggaran, namun diyakini tidak mengurangi kualitas pekerjaan.

Pasalnya, pemenang tender merupakan kontraktor besar yang sudah memiliki investasi alat berat, sehingga mereka bisa menekan biaya operasional. Selain itu, mereka juga memiliki kesiapan sumber daya manusia, serta material memadai.

"Jadi kita tidak perlu khawatir, dan sebelum proyek diserahterimakan proses pemeriksaan kualitas pekerjaan tetap dilakukan agar sesuai dengan standar ketentuan yang ada," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar