Polda NTB menargetkan vaksinasi lansia di Mataram tuntas sebelum Lebaran

id vaksinasi lansia,target vaksinasi,vaksin mataram,polda ntb

Polda NTB menargetkan vaksinasi lansia di Mataram tuntas sebelum Lebaran

Seorang lansia ketika mendapatkan suntik vaksin COVID-19 dosis pertama di Pasar Tradisional Kebon Roek, Mataram, NTB, Jumat (26/3/2021). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat menargetkan vaksinasi lansia di Kota Mataram dapat tuntas sebelum Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Sesuai komitmen pak Kapolda NTB, bersama Korem 162/Wira Bhakti, seluruh jajaran akan membantu Pemerintah Kota Mataram dalam mempercepat penanganan vaksinasi lansia agar sebelum Idul Fitri, target 100 persen tercapai," kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto di Mataram, Rabu.



Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi NTB hingga 3 Mei 2020, sebanyak 36.048 dari 50.751 lansia sudah mendapatkan suntik vaksin COVID-19. Jumlah tersebut setara dengan 71 persen dari jumlah lansia di NTB.

Dalam penjabaran data, pencapaian vaksinasi yang rendah masih berada di empat wilayah NTB, yakni Kota Mataram, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Bima, dan Kota Bima. Sedangkan untuk enam kabupaten lainnya telah mencapai target 100 persen.

Untuk Kota Mataram, baru tercatat 10.805 dari 26.011 lansia yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19. Kota Mataram tercatat sebagai wilayah yang memiliki lansia terbanyak di antara seluruh kabupaten/kota di NTB.

Namun demikian, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal mengapresiasi data tertanggal 3 Mei 2021 tersebut. Karena jika dilihat dalam dua pekan terakhir, tingkat pencapaian vaksinasi di NTB naik secara signifikan. Persentasenya naik dari 31 menjadi 71 persen.

Menurutnya, kenaikan persentase vaksinasi ini berkat konsistensi seluruh pihak dalam mengejar target capaian. Mulai dari upaya penjemputan langsung, vaksinasi malam hari, sampai inovasi memberi bingkisan sembako kepada lansia yang hendak mendapat vaksin.