PSV mengobati kekecewaan dengan hantam Groningen 5-2

id liga belanda,psv,groningen,cody gakpo,andre ramalho,eran zahavi,bruma,cyril ngonge

PSV mengobati kekecewaan dengan hantam Groningen 5-2

Ilustrasi pertandingan pekan ketiga Liga Belanda antara PSV Eindhoven melawan Groningen yang berlangsung Minggu (29/8/2021) dini hari WIB. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - PSV Eindhoven menghantam Groningen 5-2 dalam laga pekan ketiga Liga Belanda di Stadion Philips, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Hasil itu sedikit banyak mengobati kekecewaan tim besutan Roger Schmidt tersebut, yang gagal menembus fase grup Liga Champions musim ini karena kalah lawan Benfica di babak playoff.

Groningen sempat berbalik memimpin lewat dua gol Cyril Ngonge, demi menghapus keunggulan awal laga PSV yang diraih melalui gol Cody Gakpo.

Namun, gol bunuh diri Mohamed El Hankouri membuat skor kembali imbang sebelum Andre Ramalho, Eran Zahavi dan Bruma mengunci kemenangan PSV.

Kemenangan itu membuat PSV naik ke puncak klasemen sementara dengan raihan sembilan poin penuh, menggusur Feyenoord (6) yang baru main sehari berselang.

Sedangkan Groningen (4) melorot turun ke peringkat kedelapan setelah menelan kekalahan pertamanya musim ini, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

PSV unggul cepat saat pertandingan baru berlangsung utujuh menit saat Gakpo menyelesaikan umpan Mario Goetze dengan tembakan menyilang.

Tapi keunggulan PSV raib pada menit ke-15 saat Ngonge mencetak gol pertamanya, yang disusul tiga menit kemudian dengan sambaran bola muntah untuk membawa tim tamu berbalik memimpin 2-1 atas PSV.

Keunggulan Groningen tak bertahan lama, pada menit ke-27 mereka gagal mengantisipasi situasi sepak pojok yang diakhiri tandukan Ramalho dan upaya halauan El Hankouri malah membuatnya mencetak gol bunuh diri yang mengubah skor jadi imbang 2-2.

Kerja keras PSV untuk bangkit membuahkan hasil saat Ramalho lagi-lagi mampu menanduk bola sepak pojok kiriman Gakpo, yang kali ini meluncur mulus ke dalam gawang pada menit ketujuh injury time.

Selepas berhasil merebut keunggulan tepat sebelum turun minum, PSV tampil agresif lagi mengawali babak kedua. Hasilnya pada menit ke-55, Zahavi melepaskan tembakan jarak jauh setelah menerima bola sodoran Gakpo untuk menambah keunggulan PSV 4-2 atas Groningen.

Dominasi permainan dipertahankan PSV sebelum akhirnya Bruma mencetak gol penutup laga tepat pada menit ketujuh injury time demi melengkapi kemenangan tuan rumah 5-2.

Selepas jeda internasional, PSV akan bertandang ke Stadion AFAS menghadapi AZ Alkmaar pada 11 September, sehari berselang Groningen menjamu Heerenveen di Euroborg.