Dukcapil Mataram menggandeng pelaku usaha dorong kepemilikan KIA

id KIA,mataram,dukcapil

Dukcapil Mataram menggandeng pelaku usaha dorong kepemilikan KIA

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Mataram H Amran M Amin tandatangani perjanjian kerja sama dengan tujuh pihak swasta terkait pemanfaatan kartu identitas anak (KIA) di Mataram, Selasa (14/9/2021) ANTARA/Nirkomala

Mataram (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggandeng tujuh pelaku usaha di daerah itu untuk mendorong kepemilikan kartu identitas anak (KIA), sekaligus memberikan kemudahan bagi para pemilik KIA.

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) yang dilakukan oleh Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram H Amran M Amin dengan dengan tujuh pengusaha di aula Nirwana Waterpark, disaksikan Ketua TP PKK Kota Mataram Hj Kinastri Mohan Roliskana, Ketua GOW dan Dharmawanita Kota Mataram, di Mataram, Senin.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram H Amran M Amin mengatakan tujuh pelaku usaha yang digandeng tersebut adalah, pengusaha Nirwana Waterpark, Kolam Renang Kura-Kura, Mataram Waterbom, Toko Sepatu Cakar Mas, Toko Buku Gramedia, Toko Buku Airlangga dan Bimbel Alumni.

"Anak-anak yang memiliki KIA, bisa mendapatkan potongan harga 15 persen hingga 30 persen ketika melakukan transaksi pada salah satu pelaku usaha tersebut," katanya.

Dengan demikian, ketika anak-anak ingin membeli buku, alat tulis, sepatu, tas lainnya bisa ke salah satu toko yang sudah bekerja sama dengan Dukcapil, bisa menunjukan KIA untuk mendapatkan potongan harga khusus.

"Begitu juga ketika anak-anak butuh rekreasi bisa ke salah satu pusat permainan anak, termasuk ketika anak-anak butuh untuk masuk bimbingan belajar khusus bisa dapat diskon," katanya.

Kerja sama ini, lanjutnya, menjadi salah satu inovasi dalam upaya meningkatkan cakupan kepemilikan KIA sehingga orang tua memiliki kesadaran terhadap pentingnya kepemilikan KIA bagi anak-anak usia 0-17 tahun.

Data terakhir terhadap kepemilikan KIA di Kota Mataram mencapai 61 persen atau 84.771 anak dari target 136.876 anak. Realisasi kepemilikan KIA di Mataram itu sudah di atas rata-rata nasional sebesar 30 persen.

"Namun demikian, kami belum merasa puas sehingga tetap bekerja secara optimal untuk mencapai target tersebut guna terwujudnya masyarakat tertib administrasi," katanya.

Sementara Ketua TP PKK Kota Mataram Hj Kinastri Mohan Roliskana dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dilakukan Dinas Dukcapil dalam upaya meningkatkan cakupan kepemilikan KIA di Kota Mataram.

Melalui kerja sama itu, lanjutnya, KIA kini memiliki manfaat tambahan untuk anak-anak yang berkaitan dengan kebutuhan mereka. Selama ini KIA hanya sebatas untuk pesan tiket, buat paspor, serta kebutuhan administrasi lainya.

"Program KIA ini, sejalan dengan program PKK melalui kegiatan posyandu keluarga," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar