Gubernur NTB mengajak warga peduli lingkungan antisipasi banjir

id NTB,Gubernur NTB Zulkieflimansyah,Antisipasi Banjir

Gubernur NTB mengajak warga peduli lingkungan antisipasi banjir

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah. ANTARA/Nur Imansyah

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah, mengajak masyarakat untuk terus menghidupkan dan membangun semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan tempat tinggal sebagai langkah antisipasi bencana banjir menyusul masuknya musim penghujan.

"Karena dengan semangat dan kepedulianlah, yang mampu menuntaskan beberapa persoalan lingkungan ditengah kehidupan masyarakat," kata Gubernur NTB saat menerima silaturahim Kepala Desa (Kades) Soro di Mataram, Rabu.

Gubernur mencontohkan, jika drainase atau got di gang kampung atau lingkungan tersumbat maka semangat kepala desa atau kepala lingkungan yang dapat mengajak masyarakatnya untuk bekerja gotong royong peduli membersihkan lingkungan.

"Begitupun kepedulian masyarakat akan pentingnya memahami menjaga lingkungan," katanya.

Sebelumnya, Kades Soro Kecamatan Lambu Kabupaten Bima Abdul Hadi Abdullah, mengakui persoalan banjir menjadi atensi pemerintah desa setempat.

"Saat ini persoalan banjir menjadi konsen kami. Karena sungai yang sudah dangkal," kata kades.

Karena itu, dalam pertemuan tersebut pihaknya meminta dukungan pemerintah daerah, selain swadaya dan gotong royong juga akan dilakukan bersama masyarakat setempat.

Sekdis PUPR Provinsi NTB, Taufik mengatakan bahwa relokasi sungai di Desa Soro yang diusulkan Kadesnya, akan ditinjau dan disurvei.

Selain itu pihaknya akan berkoordinasi dengan BWS Provinsi NTB, untuk  menindaklanjuti relokasi sungai tersebut.