Lombok Timur meraih penghargaan atas capaian vaksinasi COVID-19

id Vaksinasi

Lombok Timur meraih penghargaan atas capaian vaksinasi COVID-19

Bupati Lombok Timur saat menerima penghargaan dari Polda NTB. ANTARA/HO-Humas Pemda Lombok Timur

Selong, Lombok Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat berhasil meraih 10 penghargaan dalam lomba kampung sehat jilid II tahun 2021 dari Polda NTB, serta keberhasilan menjadi kabupaten favorit dalam pencapaian vaksinasi COVID-19.

"Peraihan 10 penghargaan ini, baik itu penghargaan vaksinasi maupun kampung sehat merupakan hasil kerja keras semua stakeholder dalam sukseskan vaksinasi dan kampung sehat di Lombok Timur," kata Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan (PKP) Setdakab Lombok Timur, H Iswan Rahmadi dalam keterangan tertulisnya di Selong, Selasa.

Ia mengatakan, dalam sepekan ini tak didapatkan warga yang dinyatakan terpapar COVID-19 di Lombok Timur. Nihilnya kasus positif dalam sepekan ini tak lepas hasil kerja keras seluruh stakeholder dalam penanganan penyebaran COVID-19, baik itu tenaga kesehatan, TNI dan Polri serta pemerintah kecamatan hingga pemerintahan desa.

"Ini juga merupakan hasil disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan serta mengikuti vaksinasi," katanya.

Penghargaan lainnya untuk kegiatan kampung sehat Nurut Tatanan Baru II, Bupati Lombok Timur HM Sukiman Azmy mendapat penghargaan sebagai juara I dan meraih juara I Bupati/Walikota favorit vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur juga diberikan penghargaan sebagai Kepala Dinas Tangguh Vaksinasi NTB. Prestasi tersebut salah satunya berkat keberhasilan Lombok Timur memacu vaksinasi dengan capaian lebih dari seratus ribu dosis dalam tiga hari saja.

Keberhasilan inipun tak lepas dari keterlibatan dan dukungan berbagai elemen, termasuk TNI-Polri di semua lapisan, sehingga Kapolres Lombok Timur AKBP Herman Suriyonopun terpilih menjadi juara 1 Kapolres favorit vaksinasi, termasuk menjadi juara II Kampung Sehat.

"Terkait vaksinasi inipun, Bhabinkamtibmas desa Pesanggrahan meraih juara II Bhabinkamtibmas Favorit Vaksinasi, sedangkan Babinsa Desa Pesanggrahan meraih juara 1 Babinsa Kampung Sehat," katanya.

Tak itu saja, Kepala Desa Pesanggarahanpun didapuk menjadi juara 1 Kepala Desa Kampung Sehat, dan Desanyapun meraih juara II Kampung Sehat. Sedangkan Camat Pringgabaya keluar sebagai juara II camat favorit vaksinasi, karena Kecamatan Pringgabaya, target vaksinasi terbesar ke dua di Lombok Timur setelah kecamatan Masbagik dengan jumlah target 77.488 dan capaian vaksinasi 70,5 persen.

"Hingga saat ini capaian vaksinasi di Lombok Timur berada di 74,75 persen untuk dosis pertama," katanya.

Sebelumnya, Kapolda NTB Irjen Pol Moh Iqbal menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, yang turut serta mensukseskan Program Kampung Sehat jilid II tersebut, dalam upaya memitigasi penyebaran pandemi COVID-19, sekaligus mensukseskan program vaksinasi nasional yang menjadi program pemerintah pusat.

“Saya mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada yang terhormat, yang sangat kita banggakan Bapak Kabaharkam Polri dan rombongan, yang sudah hadir di sini memberikan motivasi dan semangat bagi kita semua, untuk terus bergandengan tangan bersama, untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada, COVID-19 dan seluruh masalah dinamika sosial," katanya.

“Yakinlah ketika kita bersama, insya Allah semua bisa kita berikan solusi yang terbaik," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2022