UMKM binaan PLN Peduli ramaikan gelaran MotoGP Mandalika Lombok

id PT PLN,PLN Peduli,UMKM Binaan,MotoGP Mandalika

UMKM binaan PLN Peduli ramaikan gelaran MotoGP Mandalika Lombok

Olahan jahe merah salah satu produk UMKM binaan PLN Peduli. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - Momentum pelaksanaan MotoGP yang akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Maret 2022 menjadi kesempatan untuk kebangkitan usaha mikro kecil dan menengah, khususnya UMKM lokal. 

Memanfaatkan momentum itu, UMKM binaan PLN Peduli seperti UMKM telur asin dari kelompok Lumbung Kreatif di Gunungsari, dan UMKM Jahe Merah dari kelompok Tani Sejahtera di Kabupaten Lombok Barat, siap meramaikan event perhelatan internasional tersebut. 

Safwan, ketua kelompok Tani Sejahtera menuturkan pengalaman keikutsertaannya pada saat perhelatan World Super Bike (WSBK) 2021 sangat mendongkrak pemasaran produk jahe merah yang diproduksi langsung oleh kelompoknya. 

"Gelaran bertaraf international seperti WSBK kemarin menjadi ajang yang sangat membantu promosi produk – produk kami. Market goal nya pun nasional dan bahkan dapat kita promosikan ke pengunjung manca negara yang berdatangan," ucap Safwan. 

Ia menambahkan bahwa tantangan yang harus dijawab adalah tentang menyiapkan produk yang bersaing, baik dari sisi tampilan, harga yang relevan, promosi yang menarik dan tentunya kualitas produk itu sendiri. 

"Selama ini kami dibina melalui PLN Peduli untuk mempersiapkan hal – hal demikian. Mulai dari produk, kualitas produk, izin – izin yang diperlukan dan juga di sisi pemasaran. Kami siap meramaikan even yang berlangsung di Mandalik," ujar Safwan.

Senada dengan Safwan, Ketua Kelompok Lumbung Kreatif,Dewi Suci Wulan mengatakan bahwa ini adalah kesempatan yang sangat besar. 

Hal ini memacu kelompoknya untuk menghasilkan produk yang dapat diterima pasar melalui persiapan jumlah kapasitas produk, kualitas packaging, dan yang utama promo produk yang terus menerus.

"Kami tidak dapat melewatkan kesempatan ini. Kelompok kami pun sudah menjalin komunikasi dengan dinas terkait tentang persiapan yang harus kami siapkan. Tentunya didukung juga oleh PLN Peduli. Kelompok kami juga harus bisa mandiri," ujar Dewi.

Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara, Otong Sugiono, mengatakan keikutsertaan UMKM-UMKM, terutama di bawah binaan PLN Peduli pada pagelaran sebesar MotoGP dapat mendongkrak perekonomian daerah. 

Hal itu merupakan dukungan PLN yang tidak hanya soal energi listrik, tetapi PLN juga menyiapkan UMKM yang mampu membangun kemandirian. 

"PLN Peduli dari awal membangun dan mengembangkan kelompok – kelompok usah kecil dan menengah melalui pembinaan keterampilan usaha, tatakelola, dan pemasaran. Tentunya UMKM Binaan ini sangat siap untuk meramaikan pagelaran besar di Mandalika," katanya. 

Otong juga menyampaikan bahwa kehadiran PLN Peduli merupakan wujud hadirnya PLN sebagai perusahan milik negara, sesuai dengan visi misinya, yaitu menjadi perusahaan yang mendorong kegiatan ekonomi.