Capaian Vaksinasi di Lombok Tengah lampaui standar nasional

id Vaksin

Capaian Vaksinasi di Lombok Tengah lampaui standar nasional

Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri (ANTARA/Akhyar)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat mencatat jumlah capaian target vaksinasi sampai saat ini telah melampaui standar nasional yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

"Vaksinasi kita telah melampaui standar nasional. Artinya masyarakat telah menyadari pentingnya kesehatan," kata Bupati Lombok Tengah, Lalu Pathul Bahri di Praya, Senin.

Pemerintah daerah telah menargetkan capaian vaksinasi dosis pertama itu 100 persen, karena syarat untuk pelaksanaan ajang MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika tanggal 18-20 Maret capaian vaksinasi harus 90 persen.

"Jumlah warga yang telah divaksin dosis pertama itu 91,4 persen dan dosis dua telah mencapai 71 persen. Sedangkan untuk dosis ketiga atau vaksin penguat baru 1,2 persen," katanya.

Meskipun capaian target vaksinasi telah melampaui target Nasional, pemerintah daerah bersama TNI-Polri serta Tenaga Kesehatan (Nakes) terus intens menggelar vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun untuk meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak terpapar dari virus COVID-19 varian Omicron.

"Vaksin anak terus kita percepat, saat ini sedang dilakukan vaksin dosis dua," katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat meskipun kasus pandemi COVID-19 saat ini mulai menurun, penerapan protokol kesehatan tidak boleh kendor, namun harus diperketat. Hal itu sebagai upaya untuk melawan penyebaran virus COVID-19.

"Mari kita tetap pakai masker, dan ikuti program vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita," katanya.

Untuk diketahui, Kabupaten Lombok Tengah akan menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP dengan adanya Sirkuit Pertamina Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada bulan Maret. Selanjutnya Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah balap motor Wolrdsuperbike dan asian talent cup (IATC) pada bulan November 2022 mendatang.