Pemkab Lombok menggandeng perguruan tinggi tingkatkan mutu pendidikan

id Lombok Timur ,UIN

Pemkab Lombok menggandeng perguruan tinggi tingkatkan mutu pendidikan

Bupati Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) Sukiman Azmy saat acara penandatanganan kesepakatan bersama dengan Universitas Islam Negeri Mataram di kantor Bupati setempat, Kamis (12/5/2022) (ANTARA/Humas Pemkab Lombok Timur)

Selong (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan mutu pendidikan di daerah setempat.

"Aspek pendidikan di Lombok Timur masih perlu ditingkatkan," kata Bupati Lombok Timur H. Sukiman Azmy pada acara penandatanganan kesepakatan bersama di kantor bupati setempat, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Selong, Kamis.

Oleh karena itu, katanya, pemerintah daerah memberikan respons positif untuk setiap penawaran kerja sama yang dapat mendukung aspek peningkatan pendidikan, termasuk dengan UIN Mataram ini, sebab pemerintah tidak dapat berjalan sendiri.

“Pemerintah daerah tidak bisa berjalan sendiri, karena itu harus ada partisipasi dari semua pihak, salah satunya dari perguruan tinggi,” katanya.

Bupati pun berharap dengan adanya kerja sama ini dapat mengantisipasi permasalahan di Lombok Timur, khususnya bidang pendidikan.

"Semoga ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Lombok Timur," katanya.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Negeri Mataram H Masnun Thahir mengatakan bahwa UIN dan Kabupaten Lombok Timur memiliki keterikatan, mengingat banyak mahasiswa UIN berasal dari Lombok Timur.

"Saya berharap agar kerja sama ini dapat membangun sinergitas antara pemerintah daerah dan UIN Mataram," katanya.

Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menandatangani kesepakatan bersama dengan UIN Mataram terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain itu ditandatangani pula Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Timur dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Mataram untuk pendampingan dan pengabdian masyarakat terkait pemberdayaan masyarakat desa melalui kegiatan kuliah kerja partisipatif (KKP) di 50 desa wisata yang ada di daerah ini.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2022