Gedung Dinas Perpustakaan ditetapkan di area Kantor Wali Kota Mataram

id diarpus,mataram,kantor

Gedung Dinas Perpustakaan ditetapkan di area Kantor Wali Kota Mataram

 Ilustrasi: terlihat seorang pengunjung mencari buku di Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menetapkan lokasi pembangunan Gedung Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dengan bantuan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp11 miliar di area Kantor Wali Kota Mataram di Jalan Lingkar Selatan.

"Setelah dikaji ulang dua opsi lokasi pembangunan gedung kantor kami, diputuskan dibangun pada lahan yang dipersiapkan untuk pembangunan Kantor Wali Kota Mataram di Jalan Lingkar Selatan, dan itu sudah kita sampaikan ke Perpustakaan Nasional," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Mataram Jemmy Nelwan di Mataram, Jumat.

Menurutnya, hasil kajian tim tidak bisa memilih pembangunan Gedung Diarpus di samping Kantor Pemadam Kebakaran pada komplek perkantoran Pemkot Mataram Jalan Lingkar Selatan, karena area tersebut merupakan ruang terbuka hijau (RTH), sehingga tidak bolehkan didirikan bangunan. "Jika kita paksakan diri membangun di RTH itu kita bisa dipidana sebab melanggar aturan," katanya.

Karena itulah, Gedung Diarpus disepakati akan dibangun menghadap Selatan di Jalan DR Sujono pada lahan yang dipersiapkan untuk pembangunan Kantor Wali Kota Mataram di Jalan Lingkar Selatan dengan total luas lahan 4 hektare, tapi kebutuhan untuk gedung Diarpus hanya 40 are.

Baca juga: Pemkot Mataram dapat bantuan Rp11 miliar kantor perpustakaan
Baca juga: Pemkot Mataram mengoptimalkan pendapatan dari pajak katering


Menurutnya, dengan bantuan anggaran yang diberikan pemerintah Rp11 miliar, Gedung Diarpus di konsep berlantai dua dan akan terintegrasi serta menyesuaikan dengan desain rencana pembangunan Kantor Wali Kota Mataram.

Dengan anggaran Rp11 miliar, kata Jemmy, akan digunakan Rp10 miliar untuk bangunan fisik, Rp500 mebel, Rp300 juta untuk TIK (teknologi informasi dan komunikasi) dan Rp200 juta untuk deposit penambahan koleksi buku. "Untuk koleksi e-book atau buku elektronik, akan kita siapkan tahun depan," katanya.

Jemmy menambahkan, ditargetkan tahun 2023 Diarpus Kota Mataram sudah punya gedung baru dan November 2022 masuk pra DPA untuk lelang dan Januari 2023 kegiatan fisik sudah dimulai.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram saat ini berkantor di Jalan Gunung Rinjani, Dasan Agung Kota Mataram, dengan status pinjam pakai sebab gedung dan lahan kantor itu masih berstatus milik Pemerintah Provinsi NTB.