Bank Dunia mendukung pencegahan stunting di Lombok Tengah

id Stunting,Bank Dunia,Lombok Tengah

Bank Dunia mendukung pencegahan stunting di Lombok Tengah

Foto bersama pihak Bank Dunia dengan Bupati dan Wakil Bupati Lombok Tengah di kantor bupati setempat saat melakukan evaluasi program stunting di daerah setempat (ANTARA/HO)

Praya, NTB (ANTARA) - Bank Dunia melakukan kunjungan ke Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat dalam rangka mengevaluasi konvergensi dan mendukung pencegahan stunting di daerah itu. "Bank Dunia bersama Sekretaris Wakil Presiden datang untuk mendukung penurunan angka stunting di Lombok Tengah," kata Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah dalam keterangannya di Praya, Sabtu.

Bank Dunia telah menetapkan Kabupaten Lombok Tengah menjadi pilot projek dalam hal penanganan kasus stunting, sehingga pihaknya juga telah menekankan kepada OPD terkait untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Penurunan kasus stunting di Lombok Tengah telah dilaksanakan beberapa program sesuai dengan keuangan daerah, program dari Pemerintah Provinsi NTB dan dari pemerintah pusat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati juga mengatakan, pemerintah daerah selama tiga tahun telah berhasil menurunkan angka stunting di Lombok Tengah. Dimana pada 2029 kasus stunting mencapai 30 persen, kemudian di 2020 turun menjadi 27 persen. Selanjutnya di 2021 kasus stunting di Lombok Tengah turun menjadi 22 persen. "Artinya dalam periode tiga tahun kasus stunting di Lombok Tengah turun 7,7 persen," katanya.

Baca juga: TPK harus rutin lakukan pemantauan dukung audit kasus stunting
Baca juga: Angka kasus Stunting di Lombok Timur menurun


Beberapa kebijakan pemerintah daerah yang telah dilakukan dalam penurunan kasus stunting yakni penerbitan peraturan bupati tentang pembentukan tim percepatan penurunan stunting. Selain itu, pembentukan kelompok penurunan kasus stunting di tingkat kabupaten, kecamatan hingga ditingkat desa. "Tim kelompok kerja penurunan kasus stunting telah dibentuk di 139 desa," katanya.

Selain itu, program yang dilaksanakan dalam penurunan kasus stunting yakni pencegahan pernikahan dini bersama organisasi dan pelatihan bagi pengantin. Peningkatan SDM di Lombok Tengah itu salah satu misi kebutuhan peningkatan kesehatan, ekonomi, sehingga pemerintah daerah terus mendorong peningkatan pelayanan kepada masyarakat. "Optimalisasi pelayanan kesehatan di Puskesmas terus ditingkatkan sebagai salah satu upaya mencegah kasus stunting," katanya.
Pewarta :
Editor: I Komang Suparta
COPYRIGHT © ANTARA 2022