Universitas Muhammadiyah Mataram gelar wisuda Ke-54 secara tatap muka

id UMMAT,Universitas Muhammadiyah Mataram,Lombok

Universitas Muhammadiyah Mataram gelar wisuda Ke-54 secara tatap muka

Rektor Ummat Dr. H. Arsyad Abd. Gani (tengah) berfoto bersama wisudawan/wisudawati didampingi orang tua/wali yang meraih penghargaan sebagai mahasiswa berprestasi dalam kegiatan wisuda angkatan ke-54 di Mataram, NTB, Sabtu (17/9/2022). (ANTARA/HO-Humas Ummat)

hari ini menjadi pintu gerbang menuju jalan keberhasilan masa depan yang gemilang
Mataram (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat), Nusa Tenggara Barat, menggelar wisuda angkatan ke-54 untuk program studi diploma dan sarjana secara tatap muka.

Kegiatan wisuda yang digelar di Aula H. Anwar Ikraman Universitas Muhammadiyah Mataram, Sabtu, diikuti 612 wisudawan/wisudawati berbagai program studi dengan 163 di antaranya meraih predikat Cum Laude (Dengan Kehormatan).

Orang tua dan wali turut hadir mendampingi dan menyaksikan proses kelulusan para wisudawan/wisudawati hingga tuntas.

Dalam kegiatan tatap muka tersebut, pihak panitia telah menerapkan protokol pencegahan penularan COVID-19 dengan mendahului tes pemeriksaan kesehatan terhadap seluruh hadirin.

Bahkan, pihak panitia kampus memberikan fasilitas kepada keluarga wisudawan/wisudawati untuk menyaksikan secara langsung kegiatan melalui saluran kanal YouTube Universitas Muhammadiyah Mataram.

Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram Dr. H. Arsyad Abd. Gani yang memimpin kegiatan wisuda angkatan ke-54 itu menyampaikan pesan kepada wisudawan/wisudawati agar menjadikan capaian ini sebagai bagian dari proses meraih kesuksesan.

"Semoga, hari ini menjadi pintu gerbang menuju jalan keberhasilan masa depan yang gemilang di bawah ridho Allah," kata Arsyad.

Rektor dalam kesempatan itu turut mengucapkan selamat kepada mereka yang telah di wisuda. Dia pun menyampaikan rasa bangga melihat kegigihan para wisudawan/wisudawati selama menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Mataram.

"Saya yakin, dalam proses penyelesaian studi di Universitas Muhammadiyah Mataram, mereka banyak menghadapi tantangan dan rintangan. Untuk itu, saya sampaikan rasa bangga saya atas prestasi dan kegigihan mereka yang sudah berhasil melewati segala rintangan yang menghadang selama kuliah di sini," ujarnya.
 
Suasana wisuda angkatan Ke-54 untuk program studi diploma dan sarjana di Aula H. Anwar Ikraman Ummat, Mataram, NTB, Sabtu (17/9/2022). (ANTARA/HO-Humas Ummat)


Arsyad mengingatkan para wisudawan/wisudawati untuk tidak lupa berterima kasih kepada orang tua maupun wali yang menjadi bagian penting dalam capaian ini.  

Karena itu, dia pun turut memberikan apresiasi kepada orang tua dan wali wisudawan/wisudawati yang telah bekerja dan berkorban dengan ikhlas dan sepenuh hati membiayai serta membimbing hingga mereka berhasil lulus menjadi ahli madya dan sarjana di bidang keilmuan yang mereka tekuni.

Sebagai pimpinan, dirinya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan orang tua dan wali yang sudah memilih Universitas Muhammadiyah Mataram sebagai tempat pendidikan terbaik.

"Kepada wali/orang tua, orang tua asuh, dan keluarga wisudawan/wisudawati, saya turut bersyukur, berbahagia, dan sekali lagi saya mengucapkan selamat atas keberhasilannya," ucap dia.

Ucapan rasa gembira mendampingi kegiatan kelulusan wisudawan/wisudawati periode 2022 ini turut disampaikan oleh perwakilan orang tua.

"Kami sebagai orang tua merasa bangga sekali karena pelaksanaan wisuda kali ini sudah mulai normal. Kami bisa hadir merasakan kebahagiaan menyaksikan langsung proses wisuda anak-anak kami," ujar salah satu orang tua dari wisudawan.

Dalam periode wisuda tahun ini, terdapat tiga orang wisudawan/wisudawati meraih penghargaan sebagai mahasiswa berprestasi. Mereka tidak hanya diberikan penghargaan atas nilai yang diraih, namun juga prestasi lainnya, seperti aktif berorganisasi dan memenangkan lomba, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Mereka yang mendapat penghargaan tersebut adalah Imansyah, S.P.W.K., peraih indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,56 dengan prestasi peraih Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020 dengan judul Berugak Bimbel, peraih PKM Tahun 2021 dengan judul Program Awig-Awig dalam menekan Pernikahan Dini pada Tradisi Kawin Culik Suku Sasak, dan juara 2 untuk lomba karya tulis ilmiah mahasiswa tingkat nasional dalam rangka Milad Ummat Ke-42 Tahun 2021.

Selanjutnya, wisudawati Ida Iswariani, S.Pd. dengan IPK 3,53. Selama duduk di bangku perkuliahan, Ida meraih prestasi Top 15 Miss Hijab NTB yang diselenggarakan oleh Miss Hijab Indonesia Tahun 2022. Kemudian juara 1 pidato motivasi dalam bahasa inggris di Ummat Tahun 2020.

Terakhir, Nurbaini, S.Pd. dengan IPK 3,89. Dia meraih prestasi di bidang aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Kota Mataram.

Atas pencapaian tersebut, pihak kampus memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada wisudawan/wisudawati yang memperoleh prestasi dalam bentuk uang pembinaan.

Melalui kemitraan perbankan dengan Bank Dinar, pihak kampus memberikan hadiah Rp3 juta kepada wisudawan terbaik I, Rp2 juta kepada wisudawan terbaik II, dan Rp1 juta untuk wisudawan terbaik III.

Selain itu, penghargaan kepada wisudawan terbaik dari setiap fakultas juga mendapat hadiah berupa uang pembinaan dari kemitraan perbankan dengan Bank NTB Syariah.

Pemberian penghargaan bereprestasi juga diberikan kepada wisudawan program studi Sekolah Dasar Muhammadiyah Mataram, atas nama Rafeyza Richwan yang sidah meraih juara 1 Maybank International Marathon kategori anak 5-11 tahun yang digelar di Bali Tahun 2022.

Dalam kegiatan, juga disampaikan Orasi Ilmiah oleh Dr. Siti Atika Rahmi, dengan judul "Implementasi Public Private Partnership" dalam Pembangunan Pariwisata di Era Normal Baru.

Siti Arika Rahmi adalah Dosen dari Fisipol Prodi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Mataram yang menyelesaikan studi S3 di Universitas Brawijaya jurusan Ilmu Administrasi di tahun 2020.

Orasi Ilmiah kedua disampaikan Prof. Akhsanul In'am dengan judul "Kompetensi Sarjana Era Digital". Akhsanul adalah Direktur Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Malang.

Hadir dalam kegiatan, Ketua Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah yang diwakilkan oleh Wakil Sekretaris, Mohammad Adam Jerusalem, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah NTB, Kepala LL Dikti Wilayah VIII, Ketua Kopertais Wilayah XIV Bali Nusra, Ketua Badan Pembina Harian Ummat, dan Anggota Senat Ummat. (*)