Hari Kesaktian Pancasila mengenang kehebatan Pancasila

id Hari Kesaktian Pancasila ,Kabupaten Sukabumi ,Ideologi Pancasila ,G30S/PKI

Hari Kesaktian Pancasila mengenang kehebatan Pancasila

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri menjadi pemimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Sukabumi ini digelar di Lapan Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Sabtu (1/10). ANTARA/HO-Humas Pemkab Sukabumi

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila untuk mengenang kehebatan Pancasila yang merupakan ideologi Bangsa Indonesia yang tidak bisa diubah oleh ideologi apapun.

"Makna dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila agar generasi penerus tidak melupakan sejarah tragedi berdarah pemberontakan Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI) di mana kehebatan atau kesaktian Pancasila sudah terbukti dengan kuatnya ideologi tersebut dari berbagai terpaan seperti G30S/PKI ini yang merupakan gerakan untuk mengubah ideologi menjadi komunis," kata Iyos di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Iyos, pemberontakan PKI di malam 30 September 1965 merupakan sejarah kelam bangsa yang mengakibatkan enam jenderal dan seorang kapten gugur pada peristiwa itu.

Maka dari itu, orang nomor dua di Kabupaten Sukabumi itu mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat khususnya kaum milenial agar semakin peduli dan bisa memaknai Hari Kesaktian Pancasila ini untuk bersama-sama mencegah agar peristiwa tersebut tidak terulang kembali.

Selain itu, di tengah kemajuan teknologi dan semakin mudahnya akses internet, ia mengingatkan warganya agar tidak mudah tersusupi oleh paham-paham atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

"Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini harus dijadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tambahnya.

Iyos mengatakan seluruh elemen masyarakat harus bisa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, jangan mudah terprovokasi dengan ideologi yang bisa memecah belah bangsa ini.

"Sesuai tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila", mari bersama kita lanjutkan perjuangan dan cita-cita para Pahlawan Revolusi," katanya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Kabupaten Sukabumi ini digelar di Lapan Alun-Alun Palabuhanratu. Upacara peringatan tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dan yang menjadi komandan upacara Kapten (Arm) Suhermanto dari Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi.

Baca juga: MPR ajak pemuda Bali berani suarakan nilai Pancasila
Baca juga: Nilai Pancasila bisa ditanamkan pada anak lewat keseharian


Upacara ini pun diikuti oleh personel Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Yonif 310 Kidang Kencana, Batalyon Armed 13 Nanggala, Satradar 216 Cibalingbing, Polres Sukabumi, Satpol Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Sukabumi serta Korpri, PGRI dan organisasi kepemudaan (OKP).