Pebalap Tour de Siak mulai berdatangan ke Riau

id tour siak

Pebalap Tour de Siak mulai berdatangan ke Riau

Pebalap yang berlomba pada Tour de Siak tahun 2022 diikuti oleh 13 tim, lima dari tim luar negeri, dan delapan dari tim nasional Indonesia. Antara/HO-Diskominfotik Riau.

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat menyampaikan mulai 29 November 2022 para pebalap Tour de Siak sudah berdatangan ke Kota Pekanbaru, untuk selanjutnya berangkat menuju Siak untuk mengikuti lomba yang dimulai pada 2 Desember 2022.

Tour de Siak tahun 2022 diikuti oleh 13 tim, lima dari tim luar negeri, dan delapan dari tim nasional Indonesia. "Tanggal 29 tersebut mulai berdatangan 3 tim, tanggal 30 hampir seluruh tim, dan tanggal 1 ada dua tim," ujar Roni di Pekanbaru, Kamis.

Kadispar Riau Roni Rahmat mengatakan, para pebalap Tour de Siak tersebut dari Pekanbaru langsung menuju Siak dijemput oleh panitia. Setelah sampai di Siak, peserta mulai melakukan pemanasan di Kota Siak Sri Indrapura.

Roni menyebutkan, pembukaan acara olahraga bersepeda internasional itu diselenggarakan pada 1 Desember 2022 malam, dimeriahkan dengan hiburan oleh artis ibu kota. Roni menyebutkan, pada 2 Desember 2022 akan dimulai "start city race" Kota Siak sebanyak empat putaran.

Lalu etape kedua pada Sabtu (3/12) 2022 dilanjutkan dari Siak ke Pekanbaru lewat Jalan Lubuk Dalam Simpang Labuh masuk jalan lintas timur lalu menuju etape terakhir City Race Pekanbaru.

Untuk tiga etape ini, ia melanjutkan, dibuat pada tahun 2022 dan kegiatan internasional ini baru pertama kali dilaksanakan melalui kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Riau dengan Pemerintah Kabupaten Siak. "Tiga etape ini baru pertama kali dilaksanakan yang selama ini Tour de Siak hanya fokus di Kabupaten Siak saja," kata Roni Rahmat.

Sebanyak tiga etape pelaksanaan Tour de Siak tahun 2022 yaitu etape pertama city race Siak sepanjang 85km, berikutnya etape kedua Siak-Pekanbaru Race sepanjang 124km. Etape kedua melewati Lubuk Dalam, Kerinci Kanan- Simpang Lago (Pelalawan)- masuk jalan Lintas Timur-masuk Pekanbaru lewat Jalan Harapan Raya-Jalan Sudirman Pekanbaru dan finis di Kantor Gubernur Riau.

Baca juga: Formula 1 luncurkan kejuaraan balap khusus untuk putri F1 Academy
Baca juga: Etape 7 Tour de Langkawi dibatalkan alasan keselamatan


Selanjutnya, etape ketiga City Race Pekanbaru sepanjang 120km. Titik start dari simpang Jalan Cut Nyak Dien menuju Jembatan Siak IV-Bundaran Chevron Rumbai-Jalan Paus Rumbai-Simpang Bingung-Bundaran Jalan Riau- Jalan Soekarno Hatta-Jalan Tuanku Tambusai-Jalan Arifin Achmad-Jalan Sudirman dan finis di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru.

 

 
Pewarta :
Editor: I Komang Suparta
COPYRIGHT © ANTARA 2022