Kunjungan Panglima TNI-Kapolri di Papua Barat tunjukan kebersamaan

id Kapolri dan panglima tni di papua barat, kunjungan panglima TNI, kunjungan Kapolri

Kunjungan Panglima TNI-Kapolri di Papua Barat tunjukan kebersamaan

Panglima TNI, Kapolri, dan Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw. ANTARA/Tri Adi Santoso

Manokwari (ANTARA) - Panglima TNI Laksamana Yugo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama-sama berkunjung ke ibu kota Provinsi Papua Barat untuk menunjukkan soliditas dan kebersamaan TNI-Polri menjaga keamanan dan mendukung program prioritas negara.

“Hari ini kami masuk ke wilayah Papua Barat. Maksud kami, Panglima, Kapolri, kepala staf dan pejabat utama Mabes TNI dan Mabes Polri, hanya ingin menunjukkan bahwa TNI-Polri solid,” Jenderal Listyo, di Manokwari, Selasa sore.

Kapolri menyampaikan hal itu saat bertemu dengan tokoh adat dan tokoh agama Papua Barat yang dipusatkan di Markas Kodam XVIII Kasuari. Menurut dia, kesolidan TNI-Polri menjadi sangat penting untuk diketahui baik di level satuan menengah, bawah dan masyarakat. Tentunya dengan tujuan memastikan agar masyarakat di Papua Barat dapat menjalankan aktivitas dengan aman dan nyaman. "TNI-Polri juga selalu siap mengawal kebijakan pemerintah, khususnya terkait program pemulihan ekonomi secara nasional," lanjut dia.

Pada tahun 2023 ini kebijakan strategis pemerintah untuk peningkatan ekonomi difokuskan di luar Tanah Jawa, dengan program Papua Barat untuk hilirisasi industri tentunya akan sangat didukung oleh pemerintah pusat.

“Diharapkan ke depan upaya Presiden untuk menggeser Jawasentris menjadi Indonesiasentris betul-betul bisa terwujud. Saat ini 53 persen investasi sudah berada di luar Jawa, harapan kita Papua Barat menjadi salah satu provinsi paling unggul dalam kegiatan investasi," kata Kapolri pula.

Baca juga: Kapolri pastikan TNI-Polri kawal pembangunan di Papua
Baca juga: TNI di Lombok Tengah menggelar renungan jelang Tahun Baru 2023

Dia menambahkan, Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya sangat berpotensi dalam pengembangan industri dengan luasan wilayah yang dimiliki, peran TNI-Polri tentunya ikut mengamankan dalam pelaksanaannya.