Pemkot gelar rakor persiapan idul fitri

id RAKOR,LEBARAN

Acara yang akan kita digelar antara lain persiapan acara pawai takbir tingkat kecamatan, persiapan shalat Idul Fitri dan persiapan acara "Lebaran Tupat" (Lebaran Ketupat).
Mataram, (Antara) - Pemerintah Kota Mataram menggelar rapat koordinasi (Rakor) membahas berbagai persiapan menjelang Idul Fitri 1434 Hijriyah.

Rapat Koordinasi yang berlangsung di Mataram, Senin dipimpin oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito dihadiri oleh semua lurah dan camat.

Ia mengatakan dalam rapat tersebut disepakati tiga rangkaian acara yang akan digelar dan ini merupakan acara rutin tahunan yang digelar Pemkot Mataram.

"Acara yang akan kita digelar antara lain persiapan acara pawai takbir tingkat kecamatan, persiapan shalat Idul Fitri dan persiapan acara "Lebaran Tupat" (Lebaran Ketupat).

Dia mengatkan, pawai takbiran untuk Kecamatan Mataram dan Selaparang akan dipusatkan di Taman Sangkareang, selain di masing-masing kecamatan.

Pawai takbiran akan diikuti oleh semua remaja masjid yang ada di kota Mataram dengan membawa ornamen-ornamen islam berupa lampion dan tulisan kaligrafi.

Sedangkan Shalat Idul Fitri akan di gelar di bekas kantor Bupati Lombok Barat di Mataram dan Acara Lebaran Topat akan digelar di dua lokasi yakni makam Loang Balok dan Makam Bintaro Ampenan.

Anggaran yang digunakan dalam tiga rangkaian kegiatan bersumber dari Dana APBD Kota Mataram.

"Dari semua kegiatan yang akan digelar selain untuk menambah syiar Islam, dapat menambah sifat kebersamaan dan solidaritas serta menjalankan tradisi khususnya warga kota Mataram dalam perayaan Lebaran Topat yang dirayakan oleh semua masyarakat tujuh hari setelah Idul fitri, " katanya.