Pemprov NTB berharap Unram berperan mendorong kemajuan pembangunan

id Dies Natalis ke-51 Unram, harapan Pemprov NTB, Wagub NTB

"Pemerintah dan masyarakat tentu berharap banyak Unram berperan aktif mendorong kemajuan pembangunan menuju masyarakat yang makin sejahtera," kata Wakil Gubernur NTB H Muh Amin.
Mataram (Antara Mataram) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) berharap Universitas Mataram (Unram) berperan aktif mendorong kemajuan pembangunan agar masyarakat semakin sejahtera.

"Pemerintah dan masyarakat tentu berharap banyak Unram berperan aktif mendorong kemajuan pembangunan menuju masyarakat yang makin sejahtera," kata Wakil Gubernur NTB H Muh Amin, pada Dies Natalis ke-51 Unram, di Mataram, Rabu.

Dies Natalis Unram itu juga dihadiri Prof Jimly Asshidiqie, selaku salah satu nara sumber kuliah umum yang mengedepan kehidupan berbangsa.

Politisi dari Partai Golkar itu mengatakan, berbagai sumber daya alam yang dimiliki daerah itu, hendaknya dapat dikembangkan secara maksimal melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurut dia, hal itu merupakan suatu keharusan bagi civitas akademika dan komponen masyarakat lainnya jika NTB ingin bersaing dengan daerah lain di Indonesia, atau bahkan dengan negara lain.

"Sudah menjadi rahasia umum kalau mereka yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan menjadi penguasa masa depan," ujarnya.

Amin juga mengungkapkan harapan pemerintah dan masyarakat di wilayah NTB, agar civitas akademika Unram mampu berinovasi serta mampu menghasilkan konsep dan penemuan nyata yang mampu memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.

Dengan demikian, nama Unram tidak hanya harum sebagai suatu lembaga pendidikan terkemuka, namun juga terpatri dalam hari masyarakat sebagai simbol kemajuan dan kesejahteraan.

"Harapan besarnya yakni di tangan para akademisi, para alumni, dan para calon alumni Unram, kemajuan daerah NTB akan semakin nyata," ujarnya.

Mantan anggota DPRD Provinsi NTB dan DPRD Kabupaten Sumbawa itu menilai usia Unram yang telah mencapai 51 tahun itu telah banyak diwarnai berbagai keberhasilan, terutama dalam menciptakan sumber daya manusia yang handal dan berkualitas.

Namun, seiring dengan arus globalisasi maka Unram dituntut untuk lebih mampu meningkatkan kualitas pendidikan, agar para alumninya tidak hanya mampu bersaing di skala nasional, namun juga internasional.

"Dies Natalis ini merupakan bagian dari perjalanan suatu universitas, yang selayaknya dimanfaatkan sebagai momentum evaluasi atas segala keberhasilan dan tantangan pendidikan masa depan yang harus terus dicermati," ujar Amin. (*)