Pemprov NTB mengimbau warga waspada varian baru COVID-19 Kraken

id NTB,COVID-19 ,Vaksin COVID-19,COVID-19 Kraken,COVID-19 Kraken di NTB

Pemprov NTB mengimbau warga waspada varian baru COVID-19 Kraken

Asisten II Setda Pemerintah Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat meminta masyarakat untuk mewaspadai sub varian terbaru dari COVID-19 dengan sebutan Kraken atau XBB 1.5 yang telah masuk ke Indonesia.

Asisten II Setda Pemerintah Provinsi NTB, dr. Nurhandini Eka Dewi mengingatkan semua pihak bahwa pandemi belum berakhir sehingga kepatuhan terhadap protokol kesehatan perlu tetap dilaksanakan.

"Prokes harus dikuatkan lagi yaitu memakai masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak," kata dr. Nurhandini Eka Dewi di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan masyarakat perlu mengetahui situasi terkini pandemi COVID-19 agar kewaspadaan tidak kendor. Sebab pandemi masih ada sampai sekarang, belum dicabut oleh pemerintah.

Terkait dengan sudah masuknya varian baru COVID-19 itu, dr. Eka juga meminta masyarakat agar mendatangi fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksin booster kedua. Hal ini perlu dilakukan untuk menguatkan imun atau kekebalan tubuh seseorang.

Sub varian terbaru dari COVID-19 dengan sebutan Kraken atau XBB 1.5 telah masuk ke Indonesia. Kasus pertama ditemukan pada seorang warga negara Polandia yang sempat melakukan perjalanan ke Balikpapan dan bermalam di DKI Jakarta.

Varian Kraken disebut-sebut sebagai varian COVID-19 yang paling menular, dengan gejala yang relatif lebih ringan.

Ada sejumlah gejala COVID-19 varian Kraken yang harus diwaspadai seperti merasa lelah, pilek dan bersin, sakit kepala, sakit tenggorokan dan batuk kering.*