PMI salurkan bantuan kepada pengungsi korban kebakaran

id PMI Jakarta Utara,Depo Pertamina terbakar, Pertamina, depo Pertamina Plumpang terbakar, Plumpang,PMI

PMI salurkan bantuan kepada pengungsi korban kebakaran

Foto udara kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jakarta, Jumat (3/3/2023). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa. (STR/Dhemas Reviyanto)

Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan bantuan kemanusiaan dan pemulihan trauma kepada pengungsi korban kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Koja, di Markas PMI Jakarta Utara, Sabtu pagi. "Kami mulai sekitar pukul 10.00 WIB untuk pemulihan trauma anak-anak. Kami siapkan alat peraga untuk permainan interaktif supaya menghilangkan kegelisahan anak-anak," ujar Ketua PMI Jakarta Utara Rijal kepada wartawan di Jakarta Utara, Sabtu dinihari.
 

Untuk bantuan kemanusiaan, kata Rijal, pihaknya sudah mendata jumlah anak-anak dan balita yang sebelumnya dinyatakan hilang yang saat ini sudah ditemukan keluarganya. Data pukul 04.17 WIB, jumlah pengungsi di area Markas PMI Jakarta Utara sebanyak 87 Kepala Keluarga (KK) atau 332 jiwa yang terdiri dari dewasa 163 jiwa, anak-anak 108 jiwa, lansia 23 jiwa dan balita 38 jiwa.

Baca juga: Kebakaran Pertamina Depo Plumpang mengakibatkan delapan orang hilang
Baca juga: Kebakaran Pertamina Depo Plumpang tewaskan 13 orang


Rizal berharap dengan bantuan kemanusiaan dan pemulihan trauma, anak-anak bisa kembali ceria dan kepada pengungsi dewasa bisa sedikit mengurangi dampak psikologis kebakaran yang melanda lingkungan mereka.

Sejumlah pengungsi tidur di tenda pengungsian kebakaran yang disiapkan di area Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara di Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Sabtu (4/3/2023). (ANTARA/Abdu Faisal)

Saat ini, sudah ada tenda tempat berteduh bagi keluarga korban kebakaran yang berdiri di area Markas PMI di Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, sebanyak empat unit, dengan kapasitas satu tenda dapat mencapai 500 orang. PMI juga menyiapkan makanan dan minuman bagi pengungsi dewasa dan relawan yang bertugas. Sebanyak 500 porsi disiapkan untuk satu kali makan.

Adapun menu yang disiapkan antara lain untuk sarapan ada bubur kacang hijau, roti tawar dan teh manis. Untuk menu makan siang adalah nasi putih dengan lauk ayam goreng, tahu/tempe dan sayur lalapan segar "Bantuan kami langsung bagikan, misalnya, tadi ada yang bawa selimut, langsung kami bagikan, enggak di gudang lagi," kata Rijal.
 

Berikut rangkuman kegiatan penanganan yang sudah dilakukan oleh PMI Jakarta Utara untuk kebakaran di Koja, Jakarta Utara, sampai waktu ini:
1. Membuat shelter penampungan pengungsi
2. Melakukan evakuasi korban dengan empat unit mobil
3. Mengerahkan pelayanan ambulans empat unit
4. Menerima bantuan logistik dari masyarakat, di antaranya selimut, matras dan popok bayi.
5. Memberikan pelayanan kesehatan
6. Menyediakan konsumsi makanan dan minuman
7. Mendata korban yang terdampak mengungsi
8. Menghubungkan keluarga terpisah