Lima Negara ikuti "Pesta Wirausaha Asia Tenggara"

id Pesta Wirausaha

Lima negara ASEAN yang sudah menyatakan kesanggupannya untuk hadir dalam kegiatan tersebut adalah, Negara Malaysia, Singapore, Vietnam, Turki, dan Jepang
Mataram,  (Antara)- Lima negara Asean sudah menyatakan siap mengikuti "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" yang akan berlangsung di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, tanggal 28-30 November 2014.

Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Kamis, mengatakan, lima negara ASEAN yang sudah menyatakan kesanggupannya untuk hadir dalam kegiatan tersebut adalah, Negara Malaysia, Singapore, Vietnam, Turki, dan Jepang.

"Sedangkan Negara Korea hingga saat ini kita masih menunggu konfirmasi. Semoga dalam waktu dekat sudah ada jawaban," katanya saat ditemui usai menggelar rapat persiapan "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" di Pendopo Wali Kota Mataram.

Dikatakan, kegiatan "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" direncanakan akan diikuti sekitar 400-500 orang peserta, terdiri atas, pelaku usaha dan calon pelaku usaha sebanyak 230 orang.

Mitra kerja usaha dari 10 negara ASEAN sejumlah 50 orang termasuk didalamnya utusan dari Negara Turki. Selain itu akan diikuti 120 orang dari pengurus Komunitas "tangan di atas" (TDA) se-Indonesia.

Menurutnya, kegiatan "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" akan dirangkaikan dengan beberapa agenda acara yakni, "welcome dinner", diskusi panel, seminar, "workshop", "city tour" dan pameran.

Dia mengatakan, dalam sesi diskusi panel, para pengusaha akan menyampaikan kisah suksesnya kemudian akan memberikan motivasi kepada peserta agar mereka tergerak membangun kewirausahaan.

Kegiatan itu juga akan dilengkapi dengan sesi motivasi yang akan diberikan khusus kepada calon pengusaha di Kota Mataram oleh pengusaha-pengusaha sukses di daerah ini.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari target pencapaian 5.000 wirausaha baru di Kota Mataram," katanya.

Martawang mengatakan, "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" bertujuan untuk meningkatkan semangat kewirausahaan di kalangan pelaku usaha, khususnya generasi muda di Kot Mataram.

Selain itu, meningkatkan kapabilitas dan kapasitas usaha pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Mataram, serta memberikan pemahaman yang sama teradap peluang dan tantangan atas diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Serta terbangunnya jaringan usaha antara pelaku usaha di Kota Mataram dan Pemerintah Kota Mataram dengan mitra usaha di ngra ASEAN yang dituangkan dalam kesepakatan tertulis.