Polda Sumut siapkan 206 pos jelang mudik lebaran

id berita sumut,polda sumut siapkan 206,berita medan terkini,polda sumut siapkan 206 pos jelang mudik lebaran 2023

Polda Sumut siapkan 206 pos jelang mudik lebaran

Gedung Polda Sumatera Utara Jalan Tanjung Morawa Km 10,3 Medan. (ANTARA/HO-Humas Polda Sumut)

Medan (ANTARA) - Polda Sumatera Utara telah menyiapkan 206 pos menjelang mudik Lebaran untuk menjamin kenyamanan masyarakat merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 di kampung halaman.

Ke-206 pos tersebut terdiri atas 110 pos pengamanan, 68 pos pelayanan, dan 28 pos terpadu yang tersebar di wilayah Provinsi Sumatera Utara. 

"Rekayasa lalu lintas juga telah disiapkan agar kondisi lalu lintas di jalan tetap aman dan lancar mengingat prediksi jumlah kendaraan arus mudik akan meningkat," kata Kasubbid Penmas Bidhumas Polda Sumut AKBP Herwansyah Putra, dalam keterangannya, Jumat.

Herwansyah menyebutkan Polda Sumut dan seluruh satuan wilayah didukung TNI, serta pemerintah daerah akan melaksanakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Ops Ketupat Toba 2023 di wilayah Sumatera Utara terhitung mulai 18 April hingga 01 Mei 2023.

Petuga mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif guna pengamanan arus mudik Lebaran 2023 sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah dengan aman dan nyaman.

"Berdasarkan hasil survei, prediksi pergerakan masyarakat pada arus mudik Lebaran 2023 meningkat sekitar 14,2 persen di Indonesia. Di wilayah Sumatera Utara peningkatan diprediksi 3,6 persen atau 4,4 juta jiwa," ucapnya. 

Kasubbid Penmas menyarankan pemudik nantinya berangkat di siang hari. Karena kalau di siang hari bisa lebih fokus dan tidak mengantuk apabila lelah bisa berhenti di pos pelayanan yang telah disiapkan. 

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Provinsi Sumut Ramli Simamora mengatakan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pihaknya menyiapkan sarana dan prasarana angkutan massal yang memadai. 

Ia menyebutkan sejumlah langkah antisipasi yang telah disiapkan yaitu dengan manajemen dan rekayasa lalu lintas bersama pemangku kepentingan terkait pada simpang serta ruas jalan baik jalan tol dan non tol, membatasi angkutan barang bahan galian, bahan tambang, dan bahan bangunan. 

Baca juga: Kemenhub buka Posko Angkutan Lebaran mulai 14 April-2 Mei 2023
Baca juga: Basarnas Manado siagakan 120 personel pengamanan mudik Lebaran


"Kami juga mengimbau kepada masyarakat silakan naik angkutan umum yang telah disiapkan agar bisa mengurai kemacetan. Semoga arus mudik tahun ini bisa berjalan lancar, aman, dan taatilah rambu berlalu lintas", kata Ramli.