Brimob siaga jaga keamanan di tempat wisata pantai

id Brimob, Polda Jabar, pantai Garut, wisata Garut, lebaran

Brimob siaga jaga keamanan di tempat wisata pantai

Personel Brimob melakukan pengamanan di kawasan wisata pantai Kabupaten Garut, Jawa Barat. (ANTARA/HO-Diskominfo Garut)

Garut (ANTARA) - Satuan Brimob Polda Jabar menerjunkan sejumlah personel untuk melakukan patroli dan siap siaga memberikan pelayanan menjaga keamanan di tempat wisata pantai selatan wilayah Kabupaten Garut, Tasikmalaya, sampai Pangandaran, Jawa Barat pada momentum libur Hari Raya Lebaran.

"Wilayah Pansela (pantai selatan) kita terdiri dari 14 Pos Brimob, dari mulai Rancabuaya sampai Pangandaran, itu tersebar masing-masing pos kita posisikan 10 personel untuk tiap-tiap pos," kata Komandan Batalyon D Pelopor Satuan Brimob Polda Jabar Kompol Iyus Ali Yusuf melalui siaran pers Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut di Garut, Senin.

Ia menuturkan Batalyon D bertugas mengamankan pantai laut selatan mulai dari Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, sampai Kabupaten Pangandaran dengan personel yang siaga tersebar di 14 pos.

Selama kunjungan wisatawan meningkat pada musim libur Lebaran, kata dia, situasi di tempat wisata aman terkendali, tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban umum.

"Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri, kami mendapat laporan dari masing-masing wilayah, masing-masing pos yang dijaga oleh Brimob Polda Jabar, selama ini terlaksana dengan baik, lancar, aman, dan nyaman," katanya.

Ia menyampaikan masyarakat yang melakukan kegiatan mudik, bersilaturahmi ke saudara, maupun berwisata mengisi libur Lebaran dengan mengunjungi pantai dipastikan aman dan nyaman.

Sejumlah personel Brimob dan jajaran lainnya, kata dia, berupaya memberikan pelayanan yang terbaik sehingga pengunjung wisata pantai dapat menikmati liburannya dengan tenang.

Begitu juga, lanjut dia, dipastikan tidak ada aksi premanisme yang menguasai lahan parkir kendaraan di tempat wisata, jika ada lalu mengganggu keamanan dan ketertiban umum maka akan ditindak tegas.

"Tidak ada preman-preman yang menguasai parkiran, tidak ada, sudah kami amankan semua, kalau terjadi premanisme yang ada di sekitar sini, kita akan amankan, kemudian kita serahkan ke polsek setempat," katanya.

Sementara itu Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Rio Wahyu Anggoro menyatakan, jajarannya mendapatkan bantuan personel dari Satuan Brimob Polda Jabar untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah selatan Garut, khususnya jalur dan tempat wisata.

Baca juga: Brimob Polda Bali sterilkan Gereja di Denpasar-Badung pada Jumat Agung
Baca juga: Anggota Brimob Polda NTB bantu korban banjir di Sumbawa Barat

Ia menyampaikan keberadaan personel itu siap melakukan tindakan tegas dan terukur bagi preman maupun siapa saja yang mengganggu kenyamanan, keamanan, dan ketertiban umum di wilayah Garut.