Dinas Pertanian Lombok Tengah mendukung penuh Sensus Pertanian 2023

id Dinas Pertanian Lombok Tengah ,Pertanian di Lombok Tengah,Sensus Pertanian di Lombok Tengah,Lombok Tengah,Pertanian,BPS

Dinas Pertanian Lombok Tengah mendukung penuh Sensus Pertanian 2023

Lahan pertanian milik warga di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. ANTARA/Akhyar

Praya, NTB (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mendukung penuh pelaksanaan Sensus Pertanian 2023, yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS).

"Kita berharap Sensus Pertanian 2023 ini bisa menghasilkan data pertanian di Lombok Tengah yang lebih lengkap," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Taufikurrahman di Praya, NTB, Jumat.

Data hasil sensus pertanian yang dilakukan setiap 10 tahun sekali ini penting untuk mengetahui kondisi pertanian di Lombok Tengah.

"Sensus ini meliputi tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa pertanian," katanya.

Ia mengatakan tujuan sensus pertanian ini adalah menyediakan data struktur pertanian dan data yang dihasilkan dapat digunakan sebagai tolak ukur statistik pertanian serta kerangka sampel untuk survei pertanian.

"Data ini bisa digunakan untuk menjawab isu strategis pertanian dan mengetahui kondisi pertanian dan teknologi yang diterapkan," katanya.

Sebelumnya, BPS Lombok Tengah menyiapkan 1.000 petugas untuk melaksanakan Sensus Pertanian.

"Rekrutmen petugas Sensus Pertanian ini mulai dilakukan pada 6-15 Maret 2023," kata Kepala BPS Lombok Tengah Sawaludin Suregar.