Pemkot Mataram melepas 388 JCH kloter empat Embarkasi Lombok

id Haji Mataram,Calon haji Mataram,Haji,Embarkasi Lombok

Pemkot Mataram melepas 388 JCH kloter empat Embarkasi Lombok

Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman (kiri baju putih) bersalaman dengan jemaah  calon haji asal Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dalam kegiatan pelepasan jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) 4 Embarkasi Lombok di halaman Kantor Wali Kota Mataram, Sabtu (10/6-2023). (FOTO ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, melepas sebanyak 388 jamaah calon haji (JCH) dan lima orang petugas haji yang bergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 Embarkasi Lombok untuk menuju Tanah Suci Mekkah

Kegiatan pelepasan dilaksanakan oleh Wakil Wali Kota Mataram TGH Mujiburrahman bersama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Jaelani Ibrahim serta dihadiri pejabat dan jajaran terkait lainnya di halaman Kantor Wali Kota Mataram, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, JCH diingatkan agar menjaga rasa syukur atas kesempatan yang luar biasa dan berharga yang diberikan oleh Allah subhanahu wa ta ala (SWT) dengan senantiasa meluluskan niat ibadah haji ikhlas dan semata-sama karena Allah SWT.

"Rasa syukur bisa dilaksanakan dengan beribadah dan melakukan hal yang baik serta menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak terpuji," katanya.

Dikatakannya perjalanan ibadah haji merupakan perjalan suci sehingga tidak semua orang mendapatkan kesempatan melaksanakan berbagai perjalanan dan proses suci.

Karena itu, jika ada hal-hal yang kurang baik terhadap pelayanan yang dilakukan petugas agar dapat disampaikan dengan baik tanpa harus ada aksi proses dan perdebatan yang berlebihan.

"Apalagi sampai memviralkan sehingga bisa ke mana-mana. Petugas haji juga manusia yang sudah berusaha tetapi kelemahan selalu ada dan itu harus kita maklumi," katanya.

Wakil wali kota mengatakan, setiap pelayanan ada kurang lebih dan sangat kondisional tergantung situasi serta kondisi di lapangan. "Karena itu jika ada kritik sampaikan dengan baik untuk perbaikan ke depan. Jangan sampai ada perdebatan dan perbantahan berlebihan," kata TGH Mujiburrahman .

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Jaelani Ibrahim mengatakan, secara keseluruhan JCH asal Kota Mataram musim haji tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi, sebanyak 669 orang dan dari jumlah itu sekitar 30 persen masuk lanjut usia (lansia).

"Karena itu 'tagline' kita saat ini adalah Ramah Lansia. Lansia kita dorong dan prioritaskan untuk berangkat," katanya.

Ia mengatakan, sebanyak 669 calon haji Kota Mataram terbagi dalam tiga kloter yakni 388 orang masuk kloter 4 atau kloter utuh Kota Mataram, sebanyak 221 orang masuk kloter 10 dan 60 orang masuk pada Kloter 11 Embarkasi Lombok.

Untuk kloter 10, jamaah asal Kota Mataram akan bergabung dengan jamaah asal Kabupaten Sumbawa Barat dan Lombok Tengah dan dijadwalkan masuk asrama haji pada tanggal 17 Juni 2023.

"Sisanya 60 orang masuk kloter 11 bergabung dengan jemaah dari Kabupaten Lombok Barat dan Dompu. Jamaah ini dijadwalkan masuk asrama haji pada 19 Juni 2023," demikian Jaelani Ibrahim.