Pemkot Gelar MTQ Tingkat Kota Mataram

id MTQ kota

"Jika mereka menang lagi maka akan menjadi duta NTB ke MTQ tingkat nasional yang akan berlangsung 2016 di Islamic Center Mataram"
Mataram, (Antara NTB)- Pemerintah Kota Mataram akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran tingkat kota pada 21-25 April 2015 sebagai ajang menjaring bibit qori-qoriah yang akan berlaga ke tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat bulan Agustus mendatang.

Wakil Ketua Pelaksana MTQ tingkat Kota Mataram H Husnan Ahmadi saat ditemui usai rapat persiapan pelaksanaan MTQ, di Mataram, Rabu, mengatakan kegiatan MTQ tingkat Kota Mataram tahun 2015 akan dilaksanakan di Lapangan TNI AU Rembiga Kecamatan Selaparang.

Hingga saat ini peserta yang merupakan perwakilan dari enam kecamatan di daerah ini yang sudah siap mengikuti MTQ sebanyak 300 orang, mulai dari tingkat anak-anak, remaja hingga dewasa.

Para peserta, katanya, akan mengikuti tujuh cabang mata lomba, antara lain tilawatil quran, tafsir Al Quran dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Kemudian "khat" atau kaligrafi hiasan dan mushaf, selanjutnya fahmil Al Quran atau cerdas cermat Al Quran semua tingkatan dan syahril Quran yang menjelaskan tentang makna Al Quran sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

Para peserta yang menjadi juara satu pada setiap mata lomba akan menjadi perwakilan Kota Mataram untuk bertanding ke tingkat provinsi di bulan Agustus 2015.

"Jika mereka menang lagi maka akan menjadi duta NTB ke MTQ tingkat nasional yang akan berlangsung 2016 di Islamic Center Mataram," ujarnya.

Menurut dia, para peserta akan diinapkan pada dua lokasi yakni pada penginapan MAN 2 Mataram dan Hotel Arum Jaya, sebab dua lokasi ini dinilai strategis dan dekat dengan lokasi pelaksanaan MTQ.

"Selain di lapangan TNI AU Rembiga, pelaksanaan lomba juga akan menggunakan sejumlah masjid dan beberapa tempat yang dinilai strategis," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan MTQ tingkat Kota Mataram diawali dengan pawai taaruf yang akan diikuti sekitar 10 ribu orang.

Selain peserta, pelajar dari sejumlah sekolah dan masyarakat di Kecamatan Selaparang juga akan turut serta dalam kegiatan pawai taaruf pada 21 April.

"Peserta akan `start` di depan taman Sangkareang dan `finish` di Lapangan TNI AU Rembiga, dengan diiringi berbagai kesenian religi," ujarnya. (*)