Polresta Mataram mengungkap kasus penipuan modus janjikan kerja ke Korsel

id PMI Korea Selatan,PMI di Mataram,PMI,Pekerja Migran Indonesia,Polresta Mataram,Kabid Humas Polda NTB Kombes Arman Asmara Syarifuddin,Polda NTB,Korea S

Polresta Mataram mengungkap kasus penipuan modus janjikan kerja ke Korsel

Penyidik memeriksa tersangka HA (kanan) yang diduga melakukan aksi penipuan dengan modus menjanjikan korban bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Korea Selatan (Korsel) di Polresta Mataram, NTB, Senin (19/6/2023). (ANTARA/HO-Polresta Mataram)

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Mataram mengungkap kasus dugaan penipuan dengan modus menjanjikan korban bekerja sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Korea Selatan (Korsel).

Kabid Humas Polda NTB Kombes Arman Asmara Syarifuddin di Mataram, Senin, mengatakan kasus ini terungkap berawal dari laporan korban berinisial MSA.

"Menindaklanjuti laporan korban, Tim Satgas (Satuan Tugas) TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang) Polresta Mataram melakukan penangkapan terhadap pria inisial HA yang diduga sebagai pelaku," kata Arman.

Terduga pelaku berusia 62 tahun tersebut ditangkap pada Minggu (18/6) di rumahnya di wilayah Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Dari hasil pemeriksaan, penyidik telah menetapkan HA sebagai tersangka dengan menerapkan sangkaan Pasal 81 juncto Pasal 69 Undang-Undang RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan/atau Pasal 378 KUHP.

Lebih lanjut, Arman menjelaskan bahwa dasar penyidik menetapkan HA sebagai tersangka TPPO adalah bukti pengiriman uang dari korban kepada tersangka yang menjanjikan pada lima tahun yang lalu akan memberangkatkan korban ke Korsel.

"Uang itu sebanyak Rp30 juta. Katanya untuk biaya pemberangkatan ke Korea. Tetapi, sampai lima tahun tidak juga ada kejelasan, korban pun lapor ke polisi," ujarnya.

Korban pun dalam laporan mengaku mengirim uang kepada tersangka karena tergiur dengan janji gaji besar bekerja di Korsel.

"Janjinya digaji Rp15 juta per bulan," ucap dia.