Purwakarta kolaborasi tingkatkan kepesertaan KB

id KB, stunting, kontrasepsi, keluarga berencana, keseharian

Purwakarta kolaborasi tingkatkan kepesertaan KB

Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain meninjau pelayanan KB gratis, hasil kolaborasi pemkab dan polres. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

Purwakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, bersama polres setempat berkolaborasi meningkatkan kepesertaan KB melalui pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang secara gratis di 20 puskesmas di daerah itu.

"Untuk membangun kesadaran ber-KB perlu dukungan berbagai pihak, termasuk dukungan Polri dan jajarannya," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat kegiatan pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang di Purwakarta, Selasa.

Pada momentum HUT Ke-77 Bhayangkara, Pemkab Purwakarta menggandeng jajaran Polres Purwakarta melakukan pelayanan program KB metode kontrasepsi jangka panjang. Kegiatan secara gratis itu digelar serentak di 20 puskesmas di Purwakarta.

Dia mengatakan KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang merupakan metode kontrasepsi dengan efek samping yang lebih sedikit dibandingkan dengan metode kontrasepsi yang lain. Melalui kegiatan itu diharapkan menurunkan angka kelahiran dan meningkatkan keikutsertaan masyarakat untuk ber-KB sehingga dapat menaikkan kesejahteraan masyarakat Purwakarta.

"Metode kontrasepsi jangka panjang ini merupakan kontrasepsi yang sekali pemakaiannya dapat bertahan selama tiga hingga 10 tahun. Jenisnya mulai dari sterilisasi perempuan, sterilisasi pria, spiral atau IUD dan susuk KB," kata Anne.

Melalui kolaborasi dengan Polres Purwakarta, ia berharap, menyasar dari 600 akseptor KB dengan metode kontrasepsi jangka panjang selama sehari. Ia menyebutkan prevalensi kaitan dengan yang tidak mau ber-KB di Purwakarta angkanya masih cukup tinggi, mencapai 15,5 persen.

"Dengan program kolaborasi dengan polres ini kita akan turunkan ke angka tiga persen dan tentu saja adalah program Bangga Kencana ini adalah untuk penurunan angka stunting di Purwakarta," kata dia.

Baca juga: Stunting berkaitan bentuk pola asuh dalam keluarga
Baca juga: Madiun salurkan daging kurban siap saji ke anak "stunting"


Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan kegiatan bakti kesehatan pelayanan KB gratis ini rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-77 di Purwakarta. Ia menyebutkan kegiatan tersebut sinergi Polri dengan Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam hal ini Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Purwakarta. Dia menjelaskan Polres Purwakarta selalu siap jika dibutuhkan untuk menyukseskan program pemerintah yang bersentuhan langsung untuk kesejahteraan masyarakat.