Kloter utuh Mataram dijadwalkan tiba Bandara Lombok 23 Juli

id jadwal kepulangan haji Mataram,Calon Haji, Mekkah, Arab Saudi

Kloter utuh Mataram dijadwalkan tiba Bandara Lombok 23 Juli

Dokumen: pelepasan jamaah haji asal Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, tahun 2023. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat mengatakan sebanyak 387 haji asal Kota Mataram yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) utuh atau kloter 4 Embarkasi Lombok, dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Lombok 23 Juli 2023.

"Berdasarkan jadwal, jamaah haji Kloter 4 Embarkasi Lombok tiba di Bandara Internasional Lombok 23 Juli 2023 pada pukul 03.30 Wita dengan nomor penerbangan GIA 5204," kata Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Kasmi di Mataram, Senin.

Setelah tiba di bandara, katanya, jamaah haji langsung menuju Asrama Haji Antara di Jalan Lingkar Selatan Kota Mataram untuk proses administrasi termasuk pembagian air zam-zam, koper dan lainnya sebelum dijemput pihak keluarga. Dalam proses penjemputan, pihak keluarga jamaah hanya dibolehkan masuk ke areal asrama haji dua orang, yakni satu orang sopir dan satu orang keluarga dari jamaah untuk membantu membawa barang.

Agar proses penjemputan berjalan tertib, pekan ini Kemenag akan membagikan stiker sebagai tanda pengenal bagi penjemput jamaah haji yang ditempel di kendaraan penjemput. "Hari ini, kami akan ke Kanwil untuk mengambil stiker penjemputan sebab pencetakan stiker dilakukan di Kanwil. Kita tinggal ambil, dan bagi ke keluarga jamaah sesuai jadwal kepulangan," katanya.

Dalam proses pemulangan ini, lanjutnya, Kemenag Kota Mataram tidak lagi mengadakan kegiatan seremonial pemulangan. Hanya saja, dilakukan doa bersama sebelum jamaah keluar dari asrama haji. "Jamaah kloter utuh Kota Mataram, saat ini sedang berada di Madinah untuk melaksanakan Shalat Arbain di Masjid Nabawi, berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW beserta para sahabat," katanya.

Sementara untuk jamaah lainnya yang berada di kloter 10, 11, dan 13, saat ini masih berada di Mekkah sambil menunggu jadwal keberangkatan ke Madinah. Untuk jadwal kepulangan jamaah haji asal Kota Mataram kloter 10 sebanyak 222 jamaah haji dijadwalkan tiba di Bandara Lombok pada 31 Juli 2023, pukul 08.50 Wita dengan nomor penerbangan GA 5210.

Baca juga: Kloter BTH-34 Batam terakhir ke Arab Saudi
Baca juga: Alur pergerakan jamaah Indonesia saat puncak haji


Selanjutnya kloter 11 sebanyak 62 jamaah haji dijadwalkan tiba di Bandara Lombok pada 1 Agustus 2023, pukul 15.10 Wita dengan nomor penerbangan GA 5211 dan terakhir kloter 13 sebanyak 21 jamaah haji tiba di Bandara Lombok pada 2 Agustus 2023, pukul 01.45 nomor penerbangan GA 5213.