NTB siapkan Rp1 miliar untuk gerobak ukm

id Bantuan Gerobak

"Bantuan itu dalam rangka menumbuhkan perekonomian daerah"
Mataram (Antara NTB) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan dana Rp1 miliar melalui APBD Perubahan 2015 untuk program bantuan gerobak dan tenda bagi pelaku usaha kecil menengah dalam rangka menumbuhkan perekonomian daerah.

"Penyaluran bantuan gerobak setelah APBD Perubahan diketok, namun proposal permohonan bantuan sudah ada yang kami terima," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Nusa Tenggara Barat (NTB) Husni Fahri di Mataram, Jumat.

Ia menjelaskan pemberian bantuan gerobak dan tenda bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) dilakukan setiap tahun dengan tujuan untuk mendorong pertumbuhan usaha kecil di daerah, sehingga bisa menyerap tenaga kerja.

Bantuan alat usaha serupa juga berasal dari anggaran Kementerian Perdagangan dan sudah disalurkan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan di 10 kabupaten/kota di NTB.

Husni mengatakan penyaluran bantuan gerobak dan kelengkapan usaha lainnya untuk UKM dilakukan setelah melalui verifikasi yang ketat di tingkat kabupaten/kota dan provinsi.

"Kami memperketat verifikasi yang menerima hibah itu sesuai dengan peraturan gubernur," ujarnya.

Untuk bantuan yang bersumber dari APBD Perubahan, pihaknya menurunkan tim teknis untuk melakukan survei kelayakan calon perseorangan atau kelompok yang akan menerima bantuan.

Hal itu, katanya, sebagai langkah penting untuk mencegah bantuan mangkrak setelah disalurkan.

Pihaknya juga akan meminta berita acara penyerahan dan pemanfaatan bantuan alat usaha tersebut.

Bagi UKM yang memanfaatkan bantuan secara optimal akan diupayakan untuk terus dibina, sehingga usahanya lebih berkembang.

"Jadi kami akan evaluasi terus perkembangan pemanfaatan bantuan," kata Husni. (*)