Swiatek perpanjang kemenangan beruntun di Wimbledon

id Swiatek,Wimbledon,Grand Slam,tenis

Swiatek perpanjang kemenangan beruntun di Wimbledon

Reaksi Iga Swiatek dari Polandia saat pertandingan tunggal putri melawan Ekaterina Alexandrova pada Miami Open di Hard Rock Stadium pada 25 Maret 2024 di Miami Gardens, Florida. ANTARA/Getty Images/AFP/Megan Briggs/pri. (Getty Images via AFP/MEGAN BRIGGS)

Jakarta (ANTARA) - Setelah meraih gelar Roland Garros keempatnya dalam lima tahun, Iga Swiatek memperpanjang catatan kemenangan beruntunnya menjadi 20 pertandingan setelah mengalahkan Sofia Kenin 6-3, 6-4 di laga babak pertama Wimbledon.

Beberapa pertandingan yang Swiatek menangi termasuk gelar di Madrid, Roma dan Paris -- dan 44 pertandingan secara keseluruhan tahun ini, paling banyak di antara petenis putri lainnya.

"Ini adalah awal yang solid dan hasil imbang yang tidak mudah, jadi saya senang memiliki kesempatan untuk memainkan pertandingan lain di sini," kata Swiatek, seperti disiarkan WTA, Rabu.

"Tidak mudah menghadapi juara Grand Slam di babak pertama, jadi kami harus siap untuk segalanya."

"Mereka adalah pemain berpengalaman, jadi tidak ada waktu untuk mengikuti turnamen ini. Saya senang bisa melakukannya hari ini," ujar petenis Polandia berusia 23 tahun itu.

Swiatek mencatatkan rekor 18-0 dalam pertandingan babak pertama turnamen major dan telah mengumpulkan 72 kemenangan tunggal Grand Slam, terbanyak di antara petenis putri mana pun. Dia juga memenangi lima pertandingan berturut-turut melawan mantan juara utama.

Pada pertandingan babak pertama Wimbledon kali ini, Kenin tidak memiliki senjata yang terlalu kuat, dan Swiatek mampu mengukur kecepatan di lapangan rumput dan menyesuaikan diri dalam pertandingan.

Baca juga: Ketum KOI optimistis tenis meja Indonesia kembali berjaya
Baca juga: Petenis Sabalenka mundur dari Wimbledon karena cedera bahu


Untuk pertandingan tersebut, Swiatek mencetak tiga break servis, yang kritis terjadi pada gim ketujuh set kedua. Dengan melakukan servis, ia memenangi 41 dari 57 poin dan melakukan enam ace. Ini merupakan awal yang menggembirakan bagi Swiatek. Catatan menang-kalahnya di lapangan rumput meningkat menjadi 14-7 -- dan 10-4 di Wimbledon.

Dia bisa menjadi petenis termuda setelah Serena Williams (2002) yang memenangi Roland Garros dan Wimbledon di musim yang sama, dan yang pertama memenangi Slam berturut-turut sejak Serena pada 2015.