Hutan Desa Lantan Lombok Tengah dihijaukan

id lombok tengah,hutan desa,bibit alpukat, penghijauan

Hutan Desa Lantan Lombok Tengah dihijaukan

Bupati Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, H Lalu Fathul Bahri (Tengah) saat melakukan penghijauan di hutan Desa Lantan, Rabu (23/8/2023) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah bersama jajaran TNI-Polri serta masyarakat melakukan penghijauan dengan menanam ribuan bibit pohon alpukat di kawasan hutan Desa Lantan, dalam rangka menjaga pelestarian lingkungan.

"Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 1.500 pohon," kata Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1620/Loteng Mayor Inf Lalu Muhammad Syukur usai melakukan penanaman di Praya, Rabu.

Kegiatan penghijauan itu sebagai upaya pengelolaan dan pelestarian hutan dalam menjaga keseimbangan dan keberlangsungan ekosistem, di lingkungan hutan kemasyarakatan Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara khususnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengambil langkah konkret dengan melibatkan diri dalam penanaman ribuan pohon bersama instansi terkait guna memperkuat kembali lingkungan alam yang semakin terdegradasi.

"Dalam aksi penanaman ini, penanaman ribuan pohon alpukat bertujuan untuk mengembalikan dan memperkuat ekosistem hutan yang berperan penting dalam menjaga siklus air, menyediakan habitat bagi beragam makhluk hidup," katanya.

Kegiatan tersebut adalah langkah positif untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan penghijauan dan perlindungan lingkungan. Selain itu, partisipasi aktif dari TNI juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat, serta mengajarkan nilai-nilai kemanunggalan TNI dengan rakyat.

"Kolaborasi kami turut serta dengan berbagai pihak dalam melakukan aksi penanaman pohon di hutan adalah bagian dari komitmen untuk menjaga kelestarian hutan dan mengurangi dampak deforestasi yang dapat merusak ekosistem alam," katanya.

Sehingga, selain aspek lingkungan, juga tercipta dampak sosial positif. Kolaborasi antara pihak TNI Kodim 1620 Lombok Tengah, pemerintah daerah dan masyarakat merupakan contoh sinergi yang mengarah pada upaya konservasi yang lebih efektif.

"Diharapkan melalui langkah ini akan menjadi inspirasi bagi komunitas lainnya dalam menjaga dan melestarikan hutan. Keterlibatan berbagai pihak, dalam upaya pelestarian lingkungan adalah langkah positif menuju masa depan yang lebih berkelanjutan," katanya.