NTB bentuk desa industri maksimalkan potensi industrialisasi

id NTB bentuk desa industri untuk maksimalkan potensi industrialisasi,Desa Industri di NTB

NTB bentuk desa industri maksimalkan potensi industrialisasi

Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat membentuk desa industri atau desanomic guna mendukung berkembangnya sektor industrialisasi hingga ke desa desa.

Kepala Dinas Perindustrian NTB, Nuryanti mengatakan, desa industri ini merupakan sebuah terobosan baru yang digagas, di mana desa yang memiliki potensi ekonomi yang dapat dikembangkan atau dimaksimalkan. "Setiap desa potensial secara ekonomi akan kita maksimalkan, tentunya diselaraskan juga dengan dunia industri dan pasarnya," ujarnya di Mataram, Rabu.

Ia menyatakan desa industri yang diinisiasi ini memiliki tujuan utama memaksimalkan potensi satu desa tertentu. "Di desa tidak harus banyak produk tetapi desa harus memiliki satu keunggulan produk untuk di bangun ekosistemnya," terangnya.

Tidak hanya itu Nuryanti menegaskan, untuk menembus pasar luar dan besar seperti Malaysia dan Singapura diperlukan hilirisasi industri serta keberlanjutan produksi dengan kata lain terlebih dahulu barang mentah diolah menjadi produk semi jadi kemudian dipasarkan secara masif.

Untuk mewujudkan semua itu, pihaknya berinisiatif akan memaksimalkan keberadaan masing masing Bumdes untuk selanjutnya didorong bermitra bersama pelaku industri/UMKM guna menyerap produk/komoditi unggulan desa tersebut. "Jadi memang harus ada rantai panjang agar pendapatan itu merata. Dari masyarakat ke IKM kemudian ke Bumdes selanjutnya Bumdes ke pasar," ungkapnya.

Baca juga: HIMKI komitmen perkuat industri kerajinan nasional
Baca juga: Kemenperin dukung industri furnitur


Selanjutnya di tahun 2023 ini, setidaknya ada tujuh desa yang didorong untuk menjadi pilot project dengan berbagai hasil komoditi sektoral seperti kelautan perikanan, pertanian perkebunan, hingga kerajinan.