Kemlu sebut tak ada WNI jadi korban banjir bandang di New York

id banjir new york,perlindungan WNI,WNI di new york

Kemlu sebut tak ada WNI jadi korban banjir bandang di New York

Arsip- Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI Judha Nugraha (ANTARA/Yashinta Difa)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri menyatakan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban banjir bandang yang melanda New York, Amerika Serikat. “KJRI New York telah berkoordinasi dengan otoritas setempat dan komunitas masyarakat Indonesia. Hingga saat ini tidak ada WNI yang menjadi korban banjir bandang tersebut,” kata Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Judha Nugraha melalui pesan singkat pada Minggu.

Sebelumnya, KJRI juga telah menyampaikan imbauan kepada masyarakat Indonesia untuk berhati-hati dan selalu memantau informasi dari otoritas lokal. Jika menghadapi keadaan darurat, ujar Judha, WNI diminta segera menghubungi 911 dan hotline KJRI New York +1 347 806 9279

Banjir bandang menerjang New York City dan sekitarnya pada Jumat (29/9). Bencana itu melumpuhkan sebagian besar aktivitas dan kegiatan masyarakat New York karena berdampak pada melambatnya pelayanan transportasi publik seperti kereta bawah tanah (subway) dan bus.

Baca juga: Semarang ajak masyarakat kelola sampah kurangi volume TPA
Baca juga: Pengungsi banjir bandang di Nagan Raya kembali ke rumah


Banjir akibat hujan lebat tersebut juga menyebabkan sekitar 1.000 penundaan penerbangan dari bandara John F Kennedy, La Guardia, dan Newark. Gubernur Negara Bagian New York Kathy Hochul mengumumkan keadaan darurat (state of emergency) sebagai respon terhadap hujan lebat dan banjir di Kota New York, Hudson Valley, dan Long Island.