Pebalap Alex Marquez memberi dukungan untuk Marc Marquez

id marc marquez,alex marquez,motogp 2023,motogp mandalika,motogp,hrc,gresini racing

Pebalap Alex Marquez memberi dukungan untuk Marc Marquez

ARSIP FOTO : Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Marc Marquez bersiap menuju garasi tim pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (12/2/2022). Marc Marquez resmi meninggalkan Repsol Honda Team MotoGP setelah MotoGP 2023 berakhir dan selanjutnya dikabarkan akan bergabung dengan Team Gresini Racing MotoGP. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/aww.

Jakarta (ANTARA) - Adik dari pembalap Marc Marquez, Alex Marquez, memberikan dukungan dan apresiasi untuk sang kakak usai resmi mengumumkan akan meninggalkan tim balap Honda (HRC) yang telah memayunginya selama 11 tahun.

"Saya tahu bahwa ini bukanlah hal yang mudah buatmu, tapi ini adalah langkah yang berani dan kehidupan akan memberikan apresiasi untuk mereka yang memiliki keberanian!" kata Alex dikutip dari laman media sosial resminya, Kamis.

"Hanya ada segelintir orang yang tahu bahwa kamu telah melewati banyak hal sejak 2020 dan ini adalah waktunya kamu menikmati hal yang paling kau sukai 100 persen penuh!" ujarnya menambahkan. Adapun Marc Marquez pada Rabu (4/10) mengumumkan berpisah dari Honda pada akhir musim MotoGP kali ini.

"Terima kasih atas perjalanan yang hebat selama 11 tahun bersama. Kita membagikan momen yang tak terlupakan: enam kali juara dunia, lima triple crown, 59 kemenangan, 101 podium, dan 64 pole position bersama," tulis Marc di laman media sosial resminya.

Pembalap asal Spanyol tersebut memutuskan mengakhiri kontrak berdurasi satu tahun yang tersisa dengan Honda. "Dengan satu tahun yang masih tersisa di kontrak empat tahun yang telah ditandatangani antara HRC dan Marc Marquez, kedua belah pihak telah sepakat untuk mengakhiri kolaborasi mereka setelah menyelesaikan musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2023," tulis tim balap Honda.

Tercatat bersama Honda, Marquez telah menjadi juara dunia pada 2013, 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2019. Saat ini Marc dan motor Honda RC213V dinilai kurang memberikan performa yang baik dalam beberapa tahun terakhir MotoGP.

Usai mengalami cedera lengan di Sirkuit Jerez Spanyol pada 2020, performa Marquez masih belum stabil karena harus berkutat menghadapi cedera. Sejak Oktober tahun lalu, Marquez belum pernah mencicipi podium, hingga akhirnya ia meraih podium pertamanya musim ini di MotoGP Jepang beberapa waktu lalu.

Baca juga: Satgas MotoGP Mandalika mulai mengawasi akomodasi hotel dan transportasi
Baca juga: Sambut ajang MotoGP di Indonesia, AHM rilis motor bernuansa MotoGP


Setelah berpisah dengan Honda, Marc dispekulasikan bergabung dengan tim sang adik sekaligus tim satelit Ducati, Gresini Racing, pada musim depan. Namun, belum ada informasi resmi terkait hal ini yang diumumkan oleh kedua belah pihak.