Panitia seleksi umumkan pendaftaran calon anggota KPU NTB

id KPU NTB,NTB,KPU, Panitia Pansel Pemilihan Calon KPU NTB

Panitia seleksi umumkan pendaftaran calon anggota KPU NTB

Juru Bicara Pansel Calon Anggota KPU NTB, Prof Mahyuni (tengah) didampingi pansel lain Cukup Wibowo (kanan) dan Sekretaris Pansel Muhammad Saleh Ending (kiri) di Mataram, Kamis (5/10/2023). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Panitia Seleksi (Pansel) mengumumkan pendaftaran calon anggota KPU Nusa Tenggara Barat(NTB) periode 2024-2029 seiring berakhirnya masa jabatan lima anggota KPU NTB pada Januari 2024.

"Mulai hari ini kami sudah bisa menerima pendaftaran dan disampaikan ke masyarakat," kata Juru Bicara Pansel Prof Mahyuni di Mataram, Kamis.

Mahyuni mengatakan bahwa seleksi tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya."Secara prinsip tidak ada yang berbeda, sesuai yang ada di formal. Prinsip kami semua harus netral dan objektif," ujarnya.

Ditanya apakah Pansel bisa memenuhi standar yang diharapkan sehingga hadir komisioner yang mumpuni."Apa yang didapat (anggota KPU terpilih) itu hasil ideal. Nilainya standar dan ada prosedur yang sesuai," tegasnya.

Disinggung apakah Pansel tidak akan terpengaruh dengan lobi-lobi agar bisa meloloskan calon saat proses seleksi."Insya Allah kita tidak akan main-main," tegasnya.Sekretaris Pansel Dr Muhammad Saleh Ending menegaskan tidak akan segan-segan apabila ada calon komisioner yang terlibat partai politik untuk membatalkan pencalonannya.

"Kalau calon terlibat partai politik, kita cek di silon kalau ada langsung kita coret, kalau lebih dari lima tahun gak dicoret," ungkapnya.

Ketua Pansel Mukhlis menambahkan bahwa pada pandaftaran kali ini menggunakan sistem online dan tidak menyerahkan berkas secara langsung."Pendafaran online kali ini menggunakan sistem yang bisa di akses melalui situs resmi www.siakba.kpu.go.id," katanya.

Diketahui jadwal tahapan pelaksanaan seleksi calon anggota KPU NTB periode 2024-2029, antara lain pendaftaran 5 - 16 Oktober. Penelitian administrasi 5 - 23 Oktober, perpanjangan pendaftaran 17 - 22 Oktober. Penetapan hasil penelitian administrasi 24 - 25 Oktober.

Baca juga: Lima parpol sudah ajukan pembukaan rekening kampanye di Papua Barat
Baca juga: KPU dan Bawaslu optimalkan sosialisasi aturan kampanye di medsos


Selanjutnya pengumuman hasil penelitian administrasi 26 - 28 Oktober. Seleksi tertulis dan tes psikologi 29 Oktober - 6 November. Penetapan hasil tes seleksi tertulis dan tes psikologi 7  November. Pengumuman hasil seleksi tertulis dan tes psikologi 9 - 14 November.

Kemudian tes kesehatan 11 - 13 November. Wawancara 12 - 15 November. Penetapan hasil tes kesehatan dan wawancara 16 - 17 November. Pengumuman hasil seleksi anggota KPU NTB 18 - 19 November dan penyampaian nama calon anggota KPU NTB.