Bandara Pattimura Ambon perkuat sinergi keamanan kawasan bandara

id Bandara,Bandara Internasional, Bandar Pattimura Ambon

Bandara Pattimura Ambon perkuat sinergi keamanan kawasan bandara

PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Pattimura Ambon menggelar kegiatan Airport Security Committe (ASC) Meeting guna memperkuat sinergi pengamanan lingkungan bandara, Rabu (11/10). ANTARA/ Ho- Humas Angkasa Pura Bandara Pattimura Ambon.

Ambon (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Pattimura Ambon, Maluku  memperkuat sinergi pengamanan lingkungan bandara sebagai upaya meningkatkan  keamanan dan keselamatan pengguna jasa bandar udara.

General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Pattimura Ambon Shively Sanssouci di Ambon, Rabu  mengatakan guna meningkatkan , pengamanan di lingkungan bandara pihaknya melaksanakan Airport Security Committe (ASC) Meeting.


Ia mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menjamin keselamatan penerbangan dan mengantisipasi  berbagai kemungkinan , maka perlu dilakukan pelatihan terpadu yang melibatkan instansi terkait yang merupakan anggota AEC dan ASC di wilayah bandara untuk menguji koordinasi, komunikasi, dan komando.

Kegiatan  dihadiri seluruh anggota komite, yang terdiri dari Kepala Kantor Otoritas Wilayah VIII Manado, Komandan Lanud Pattimura, Kapolsek Kawasan Bandar Udara Pattimura Ambon, dan seluruh pemangku kepentingan terkait

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memastikan implementasi Dokumen Airport Emergency Plan dan Airport Security Program berjalan dengan baik pada Penanggulangan Keadaan Darurat Penerbangan di Bandar Udara Pattimura Ambon.

Kemudian menguji seluruh fasilitas, prosedur dan kompetensi personil untuk menghadapi keadaan darurat yang sebenarnya serta meningkatkan fungsi komunikasi, koordinasi, komando dan kesiapan fasilitas yang melibatkan semua anggota komite.

“Selain memastikan keselamatan penerbangan, kami mempunyai tugas untuk memastikan keamanan penerbangan. Upaya yang telah dilakukan salah satunya dengan dilaksanakannya pertemuan komite keamanan," ujarnya.

Baca juga: Bandara Lombok buka rute baru tujuan Malaysia
Baca juga: Jumlah penumpang Bandara Lombok semester I 2023 naik 19 persen


Ia berharap, melalui ASC Meeting ini semua instansi di bandara dapat bersama-sama mewujudkan layanan berskala global dalam standar keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Setelah pelaksanaan pertemuan,dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan penanggulangan keadaan darurat di Gedung ARFF Bandar Udara Pattimura Ambon.