Sampai makan indomie, pengusaha rugi Rp3 miliar ditipu janji proyek di Lombok Timur

id Pengusaha Lombok Timur,Lombok Timur,Pengusaha,Pejabat Lombok Timur

Sampai makan indomie, pengusaha rugi Rp3 miliar ditipu janji proyek di Lombok Timur

Seorang pengusaha asal Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Koko Bagong (60), mengaku tertipu hingga miliaran rupiah, dengan janji proyek dari oknum pejabat tinggi di Kabupaten Lombok Timur.

Kondisi kami sebagai pengusaha sedang susah. Kita ini sampai makan Indomie
Mataram (ANTARA) - Seorang pengusaha asal Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Koko Bagong (60), mengaku tertipu hingga miliaran rupiah, dengan janji proyek dari oknum pejabat tinggi di Kabupaten Lombok Timur.

"Sudah dua tahun lebih saya coba menagih uang saya kembali, tetapi sampai saat ini tidak ada itikad baik sehingga saya putuskan melakukan upaya hukum, karena negara ini kan negara hukum," ujar pengusaha yang akrab disapa Koko Bagong di Kantor Pengacara, Lembaga Advokasi Hukum Indonesia (LAHI), Kota Mataram, Rabu.

Koko Bagong mengungkapkan, oknum pejabat setingkat Kepala Bidang (Kabid) di salah satu OPD Kabupaten Lombok Timur, diduga melakukan penipuan dengan modus janji proyek.

Dengan mengaku atas perintah Bupati dan Wakil Bupati, oknum berinisial IS ini berhasil meraup lebih dari Rp3 miliar dari Koko Bagong. Sementara proyek yang dijanjikan tidak kunjung terealisasi.

"IS ini beberapa kali mengambil uang ke kami, dengan mengatasnamakan perintah Bupati dan Wabup. Totalnya kalau dihitung lebih dari Rp3 miliar. Sementara proyek yang dijanjkan nggak pernah ada," katanya.

Ia menjelaskan kejadian ini berawal pada 2019 hingga 2020 silam. Koko Bagong mengenal Wabup Lombok Timur saat itu. 

Menurut dia, IS sepertinya merupakan orang kepercayaan Bupati dan Wabup. IS mengambil dana dari Koko Bagong bervariasi antara Rp100 juta-Rp400 juta, untuk beberapa kali pengambilan.

"Selama proses ambil dana, IS ini mengutus beberapa orang untuk mengambil dana tersebut. Salah satunya oknum aktivis berinisial TH, dan ada juga oknum Kepala Desa (Kades)," terangnya.

Menurutnya, pihaknya bersedia saja memberikan dana yang diminta, lantaran dijanjikan akan mendapat kerjaan proyek daerah di Lombok Timur. Namun belakangan, janji tinggal janji. Proyek yang dijanjikan hanya ilusi adanya.

Pada akhir 2022, Koko Bagong sempat menagih balik dana tersebut, yang totalnya lebih dari Rp3 miliar. Akan tetapi hingga kini belum ada itikad baik dari IS.