Sukabumi Jabar meminta P3A terus bersinergi jaga ketahanan pangan

id P3A Mitra Cai,Kabupaten Sukabumi ,Irigasi ,Ketahanan Pangan ,Dinas PU Kabupaten Sukabumi

Sukabumi Jabar meminta P3A terus bersinergi jaga ketahanan pangan

Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menyerahkan bantuan kepada salah seorang perwakilan dari P3A Mitra Cai Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (13/11/2023). ANTARA/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Bupati Sukabumi Marwan Hamami meminta Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Mitra Cai Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat untuk terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi dalam menjaga ketahanan pangan.

"Peran P3A ini sangat membantu pemerintah dalam membangun kawasan dan menjaga stabilitas ketahanan pangan di Kabupaten Sukabumi," kata Marwan, di Sukabumi, Senin (13/11).

Menurut Marwan, sinergi ini tentunya harus dijaga dan terjalin baik, sehingga Pemkab Sukabumi berupaya memberikan pelayanan seperti menjaga jaringan irigasi agar selalu berfungsi dan mempertahankan kelestarian sumber air melalui kegiatan perawatan, perbaikan, pencegahan dan pengamanan yang dilakukan secara terus-menerus.

Selain itu, untuk memperlancar aktivitas P3A, Marwan menyerahkan bantuan alat komunikasi berupa handphone kepada 156 Mitra Cai Kabupaten Sukabumi, kemudian menyerahkan 44 unit mesin pemotong rumput.

"Kolaborasi ini tentunya untuk meningkatkan produksi hasil pertanian, kemudian meminimalkan kendala di lapangan khususnya dalam ketersediaan ari serta menjaga sumber air untuk pertanian," katanya lagi.

Pada kesempatan itu, juga dilaksanakan sosialisasi kelompok P3A Mitra Cai Kabupaten Sukabumi terkait tata kelola sistem irigasi sekaligus rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti ke-78 Pekerjaan Umum (PU).

Acara yang berlangsung di Grand Sulanjana Selabintana, Kecamatan Sukabumi ini, Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran P3A Mitra Cai dalam menentukan dalam pertanian.

Baca juga: Pemkab Halteng Maluku Utara mengajak gerakan pangan murah
Baca juga: Petrokimia Gresik komitmen jaga ketahanan pangan


Sebab, P3A merupakan salah satu perkumpulan petani dengan kegiatan yang dikhususkan pada pengelolaan dan distribusi air irigasi. Selain itu, juga sebagai penguatan pemahaman tentang tata cara pelaksanaan pengelolaan sistem irigasi.