Potensi hujan menurun di NTB pada pertengahan Desember

id Hujan di NTB,BMKG,Info BMKG,Info BMKG di NTB, Cuaca di Lombok

Potensi hujan menurun di NTB pada pertengahan Desember

Pengendara motor melintas di jalan raya Mataram, Nusa Tenggara Barat saat terjadi hujan (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan potensi curah hujan di Provinsi Nusa Tenggara Barat menurun pada pertengahan Desember 2023.

"Tetap waspada bencana hidrometeorologi walau terdapat potensi penurunan curah hujan di pertengahan Desember," kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Barat Suci Agustiarini dalam keterangan tertulis di Mataram, Senin.

Pada dasarian II Desember 2023 (11-20 Desember 2023) diperkirakan curah hujan di wilayah NTB umumnya berada pada kategori rendah. Curah Hujan dengan intensitas 20-50 milimeter/dasarian memiliki probabilitas kejadian 50-60 persen yang berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Provinsi NTB.

"Peluang curah hujan lebih 50 milimeter/dasarian berpeluang terjadi di sebagian wilayah Lombok Barat dan Lombok Tengah bagian utara, sebagian Sumbawa, Dompu, dan Bima bagian utara dengan probabilitas kejadian 20-40 persen," katanya.

Sebagian wilayah NTB terpantau telah memasuki musim hujan 2023/2024 dan sebagian masih berada pada masa peralihan, masyarakat perlu mewaspadai adanya potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat disertai angin kencang yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal, banjir, dan tanah longsor.

"Selain itu, masyarakat dapat memanfaatkan hujan yang turun untuk mengisi penampungan air seperti embung, waduk, atau penampungan air hujan lainnya," katanya.

Ia meminta warga tetap memperhatikan informasi BMKG guna mengantisipasi dampak bencana maupun kerugian akibat bencana alam.

Baca juga: BMKG mengimbau masyarakat Natuna waspadai cuaca ekstrem
Baca juga: Info BMKG: Sejumlah wilayah diprakirakan alami hujan dan petir


Curah hujan di wilayah NTB pada dasarian I Desember 2023 secara umum dalam kategori rendah hingga menengah. Hanya di sebagian wilayah Lombok Barat bagian selatan, sebagian Sumbawa Barat, wilayah perbatasan Sumbawa dan Dompu, serta sebagian kecil wilayah Dompu yang tercatat terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

"Sifat hujan pada dasarian I Desember 2023 di wilayah NTB umumnya pada kategori atas normal (AN) kecuali di wilayah wilayah pesisir utara dan timur Pulau Lombok, pesisir utara Dompu yang memiliki sifat hujan dengan kategori bawah normal (BN). Curah hujan tertinggi di pos hujan Brang Ene, Kabupaten Sumbawa Barat sebesar," katanya.