Dinsos Mataram uji coba mobil dapur umum mengantisipasi dampak bencana

id uji coba dapur umum

Dinsos Mataram uji coba mobil dapur umum mengantisipasi dampak bencana

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mataram Andi Darwis (Baju putih) memantau tim Tagana Dinas Sosial Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, uji coba penggunaan  mobil dapur umum lapangan (Dumlap) sebagai bagian kesiapsiagaan antisipasi dampak cuaca ekstrem. Rabu (13/12-2023) (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), melakukan uji coba penggunaan mobil Dapur Umum Lapangan (Dumlap) sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana hidrometeorologi dampak anomali cuaca di kota itu.

Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Mataram Andi Darwis di Mataram, Rabu, mengatakan, kegiatan uji coba mobil Dumlap dilakukan dengan memasak nasi serta lauk pauk sebanyak 200 bungkus.

"Makanan yang kami masak dalam uji coba ini akan kami serahkan ke dua panti asuhan. Sisanya, kami berikan juga untuk 50 orang anggota Tagana kami," katanya.

Dari hasil uji coba yang dilakukan, menurutnya, semua peralatan untuk di mobil Dumlap baik itu kondisi kendaraan, peralatan masak seperti kompor gas, kompor konvensional, wajan, panci menanak nasi kapasitas 12 kilogram, dua magic com kapasitas 10 kilogram, termasuk genset, dalam kondisi baik dan 100 persen siap pakai.

"Kesiapan genset tidak kalah penting, sebab di lokasi bencana belum tentu ada listrik," katanya.

Selain itu, kata dia, juga dilakukan pengecekan terhadap mobil tangki air bersih dengan kapasitas 6.000 liter dan sudah diisi air bersih sumber PDAM Giri Menang Mataram.

Kapasitas air bersih pada mobil tangki tersebut dinilai mencukupi untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak bencana selama 1-2 hari. "Jika kurang, kami bisa isi lagi," katanya.

Di samping itu, satu unit speed boat yang berada di Pantai Ampenan sejauh ini masih bagus dan siap pakai, sebab Dinsos telah menempatkan petugas untuk menjaga dan merawat speed boat tersebut.

Sementara menyinggung tentang kesiapan bantuan logistik kebutuhan pokok, Andi mengatakan sejauh ini Dinsos sudah melakukan persiapan penanggulangan bencana untuk kebutuhan dasar berupa paket sembako seperti beras, minyak, sarden, air mineral, tikar, terpal, dan kebutuhan dasar lainnya.

"Jadi kalau ada bencana, paket sembako tinggal kami didistribusikan," kata Andi.