TNI membersihkan sungai di pedesaan Lombok Tengah

id TNI,Bersih sungai ,Lombok Tengah ,NTB,Sungai,Hujan,BPBD,BNPB,Praya,Limbok Tengah,Hari Juang TNI AD,Hari Juang 2023

TNI membersihkan sungai di pedesaan Lombok Tengah

Anggota TNI Kodim 1620 Lombok Tengah, Provinsi NTB saat melakukan kegiatan gotong royong pembersihan sungai di Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur, Kamis (14/12/2023). ANTARA/HO-Humas Kodim 1620 Lombok Tengah.

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Jajaran TNI Kodim 620 Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat bersama warga melaksanakan gotong royong pembersihan sampah di pedesaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya banjir pada musim hujan.

"Ini salah satu upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah adanya banjir di musim hujan," kata Dandim 1620/Loteng Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara usai melakukan kegiatan gotong royong di Praya, Kamis.

Dia menjlsakan, Jajaran TNI AD bersama dengan masyarakat meluncurkan inisiatif bersih-bersih aliran sungai secara gotong royong sebagai wujud TNI bersama masyarakat bersatu dengan alam untuk NKRI.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen TNI menjelang peringatan hari Juang TNI AD 2023, khususnya dalam pembersihan aliran sungai di Desa Mujur, sangat positif untuk kehidupan lingkungan masyarakat setempat.

"Dengan bersatu bersama masyarakat bersihkan aliran sungai, kami berharap dapat memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar," katanya.

Selain membersihkan secara fisik, seperti berbagai jenis sampah plastik, botol, dan limbah lainnya, TNI AD Kodim 1620 Lombok Tengah bersama aparat desa juga menyelenggarakan kegiatan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai, dengan harapan dapat mengubah perilaku masyarakat dalam membuang sampah sembarangan.

"Dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan sungai sebagai aset alam yang vital sebagai sumber kehidupan yang hakiki," katanya.

Keterlibatan aktif masyarakat dalam kegiatan ini memberikan bukti bahwa kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan semakin tumbuh di setiap sendi-sendi kehidupan masyarakat, agar lebih mencintai alam demi kehidupan masa depan yang lebih baik.

Baca juga: Satgas MTF ikuti protap antisipasi konflik di Timur Tengah
Baca juga: Penerjun payung TNI AL gelar latihan persiapan Hari Nusantara 2023


"Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bagi seluruh warganya secara merata dan berkelanjutan," katanya.

Dengan adanya inisiatif seperti TNI bersatu dengan Alam, diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat luas khususnya di Lombok Tengah untuk aktif berpartisipasi dalam menjaga kebersihan dan keindahan alam Indonesia.