Posko kesehatan Bekasi siaga hingga arus balik Tahun Baru

id Pelayanan kesehatan,Layani pengguna jalan,Pemudik Tahun Baru,Kabupaten Bekasi,Dinas Kesehatan

Posko kesehatan Bekasi siaga hingga arus balik Tahun Baru

Posko kesehatan mudik Natal dan Tahun Baru 2024 di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Sebanyak sembilan posko kesehatan di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat masih terus disiagakan hingga arus balik tahun baru yakni pada 2 Januari 2024 demi melayani pengguna jalan yang bepergian selama periode tersebut.
 

"Sembilan posko kesehatan ini kami dirikan dalam rangka membantu kelancaran pemudik maupun pengguna jalan yang memanfaatkan momentum Natal dan Tahun Baru 2024 untuk bepergian ke luar daerah," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Supriadinata di Cikarang, Minggu.

Dia mengatakan, posko kesehatan ini menyediakan sejumlah layanan setiap hari seperti pemeriksaan kesehatan dasar tingkat pertama, penanganan awal, sistem rujukan yang berkoordinasi dengan puskesmas di tiap wilayah hingga rumah sakit rujukan, serta konsultasi kesehatan.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang sedang berlibur untuk tetap menjaga kesehatan dengan memastikan kondisi tubuh dan memeriksakan diri sebelum dan sesudah perjalanan," katanya.

Setiap posko layanan kesehatan bagi para pemudik maupun pengguna jalan ini dilengkapi satu unit ambulans serta enam tenaga kesehatan yang berjaga secara bergantian.

"Per hari ada enam nakes (tenaga kesehatan) yang berjaga, dibagi dua shift masing-masing terdiri dari satu dokter dan dua tenaga kesehatan. Juga ditambah sopir ambulans," katanya.

Supriadinata mengatakan posko kesehatan ini bertujuan menjamin keselamatan pemudik dan warga yang tengah berlibur, serta menjaga keamanan, kenyamanan, dan kesehatan masyarakat.

"Untuk tim monitoring, itu langsung oleh tiap Kabid (Kepala Bidang) Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi. Alhamdulillah, sejauh ini berjalan aman. Semoga tetap lancar hingga selesai tahun baru nanti," ucapnya.

pBagi pemudik maupun pengguna jalan yang hendak mengakses layanan kesehatan ini cukup mendatangi posko yang dilintasi mulai dari Pos Gedung Juang Tambun Selatan, Stasiun Cikarang, Sentra Grosir Cikarang, hingga Gerbang Tol Telaga Asih Cibitung.

Baca juga: Dokter sarankan cek kesehatan dari daerah endemis malaria
Baca juga: Pemilir roda dua terus datangi Pelabuhan Bakauheni

Kemudian pos perbatasan Kedungwaringin-Karawang, Simpang Legenda Kalimalang, serta di area rehat Km19 A, Km39, dan Km 19 B pada Ruas Tol Jakarta-Cikampek.

"Silakan bisa langsung mendatangi posko-posko kami, petugas dengan senang hati memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh pengguna jalan," kata dia.