BKSDA Usulkan Pulau Moyo dan Satonda Jadi Taman Nasional

id PULAU MOYO

Kita ingin ini bisa di lindungi, makanya kita rancang menjadi taman nasional
Mataram (Antara NTB) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Nusa Tenggara Barat saat ini tengah merancang agar Pulau Moyo dan Pulau Satonda yang berlokasi di Pulau Sumbawa menjadi taman nasional.

Kasubag Tata Usaha Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) NTB Ligi Hartanto di Mataram, Selasa, rencana menjadikan Pulau Moyo dan Pulau Satonda sebagai taman nasional sedang dalam proses pengkajian di tingkat daerah.

"Kalau semua sudah tuntas, baru kita usulkan ke pemerintah pusat," katanya.

Ia menjelaskan, total luas lahan yang diusulkan sebagai Taman Nasional Moyo dan Satonda mencapai 31 ribu hektare lebih.

Menurut dia, ada beberapa alasan sehingga perlunya Pulau Moyo dan Pulau Satonda diusulkan menjadi taman nasional, antara lain karena daya tarik dan potensi alam di kedua pulau tersebut sangat luar biasa.

Sehingga, kata dia, untuk menjaga dan melindungi potensi kekayaan alam yang dimiliki kedua pulau itu, dengan menetapkannya sebagai taman nasional, apalagi saat ini potensi gangguan yang bisa terjadi di dua pulau itu cukup meningkat.

"Kita ingin ini bisa di lindungi, makanya kita rancang menjadi taman nasional," katanya.

Ia menambahkan, dalam rancangan pembentukan Taman Nasional Moyo dan Satonda, nantinya kedua pulau tersebut akan dikelola oleh unit khusus, seperti pada pengelolaan taman nasional lainnya ataupun taman wisata alam.

Bahkan, Kenterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah menetapkan Pulau Moyo sebagai Taman Wisata Alam Laut (TWAL). Begitu juga dengan Pulau Satonda yang sudah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam (TWA).

Di NTB sudah terdapat dua taman nasional, yakni Taman Nasional Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok dan Taman Nasional Gunung Tambora yang berada di Pulau Sumbawa. Saat ini, keberadaan TWA, TWL dan taman nasional itu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke NTB.

Secara administratif Pulau Moyo terletak di Desa Labuan Aji dan Desa Sebotok Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. Sementara, Pulau Moyo berada di antara dua kabupaten, yakni Dompu dan Bima. Kedua pulau tersebut merupakan bagian dari Pulau Sumbawa. (*)