Legenda sepak bola Brazil Mario Zagallo meninggal

id Mario Zagallo,Sepak Bola,Brasil,Zagallo

Legenda sepak bola Brazil Mario Zagallo meninggal

Legenda sepak bola Brazli Mario Zagallo ketika menjadi pelatih timnas Brazil di Piala Dunia 1998 pada final yang dimenangi Prancis 3-0. (12/7/1988) AFP/GABRIEL BOUYS)

Jakarta (ANTARA) - Legenda sepak bola Brazil, Mario Zagallo meninggal dunia di usia 92 tahun pada Jumat (6/1) waktu Rio de Janeiro, atau Sabtu WIB.

Zagallo merupakan orang pertama yang memenangi Piala Dunia FIFA, baik sebagai pemain maupun pelatih, sehingga berperan penting dalam kebangkitan Brazil sebagai kekuatan sepak bola dunia.

Dilansir AFP, Sabtu, sebelum meninggal Zagallo merupakan satu-satunya anggota tim Brazil yang masih tersisa yang mengangkat trofi Piala Dunia 1958, gelar pertama negaranya dan meringankan rasa sakit akibat kekalahan traumatis dari Uruguay di Maracana delapan tahun sebelumnya.

Muncul dari tim amatir pada tahun 1950-an, Zagallo, pemain sayap kiri bertubuh mungil itu, mewujudkan upaya Brazil untuk memadukan bakat menyerang dengan soliditas pertahanan, menggabungkan teknik indahnya dengan komitmen yang mengagumkan.

Dia memenangi lima kejuaraan negara bagian Rio de Janeiro bersama Flamengo dan Botafogo. Zagallo baru melakukan debutnya di Brazil pada usia 26 tahun, tak lama sebelum Piala Dunia 1958 di Swedia, namun menjadi anggota integral tim dengan memenangi 37 caps.

Turnamen yang menampilkan Pele yang berusia 17 tahun ke pentas dunia, berakhir dengan Brazil mengalahkan tuan rumah 5-2 di final. Zagallo mencetak gol keempat bagi timnya dan kemudian memberi umpan kepada Pele untuk gol terakhir.

Empat tahun kemudian, Zagallo bermain setiap menitnya saat Brazil yang terinspirasi oleh Garrincha mengatasi cedera yang diderita Pele di babak penyisihan grup untuk mempertahankan mahkota mereka, bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan Cekoslowakia 3-1 di Santiago.

Setelah pensiun, Zagallo kembali bermain sebagai manajer, mengambil alih mantan klubnya Botafogo dan memimpin mereka meraih dua gelar negara bagian lagi di negara sebuah di bawah kediktatoran militer.

Adapun Joao Saldanha telah membimbing tim nasional ke Piala Dunia 1970 di Meksiko, tetapi disingkirkan sebelum turnamen dan digantikan oleh Zagallo. Saldanha berselisih dengan Pele dan menolak untuk tunduk pada tuntutan presiden saat itu, Emilio Garrastazu Medici, mengenai pemilihan skuad dan sebagai simpatisan Komunis, nasibnya sudah ditentukan.

Zagallo, yang saat itu baru berusia 38 tahun, mewarisi skuad yang sangat berbakat, termasuk Pele, Carlos Alberto, Jairzinho, dan Rivelino, serta meraih enam kemenangan dari enam pertandingan saat Brazil merebut gelar untuk ketiga kalinya dalam empat upaya.

Bertahun-tahun lebih awal dari masanya sebagai pemain, Zagallo dengan cepat menunjukkan kemampuannya sebagai pelatih. Dia kemudian merefleksikan dongeng Piala Dunia 1970, yang didominasi oleh penampilan spektakuler Brasil, sebagai kenangan terbesarnya sebagai seorang manajer.

Baca juga: Ancelotti perpanjang kontrak dengan Real Madrid dan batal jadi pelatih Brazil
Baca juga: Manchester City incar gelandang Fluminense Andre


Sebagai seorang tipe kontra-intuitif yang percaya pada nomor 13, rasa lapar Zagallo akan kesuksesan membawa gelar domestik lebih lanjut bersama Fluminense dan Flamengo sebelum ia berkelana ke luar negeri ke Kuwait, memenangi Piala Teluk pada 1976 dan mencapai final Piala Asia tahun itu.