Renovasi ruang VIP dan VVIP RSUD Praya Lombok Tengah rampung

id Ruang VIP ,RSUD Praya ,Lombok Tengah ,NTB

Renovasi ruang VIP dan VVIP RSUD Praya Lombok Tengah rampung

Wakil Bupati Lombok Tengah, Provinsi NTB, HM Nursiah saat memotong pita peresmian renovasi pembangunan ruang VIP dan VVIP RSUD Praya, Selasa (23/01/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Tengah)

Ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Renovasi pembangunan ruang VIP dan VVIP Rumah Sakit Daerah Umum (RSUD) Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun anggaran 2023 rampung dikerjakan sehingga bisa digunakan untuk kepentingan pelayanan kesehatan masyarakat setempat.

“Ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat,” kata Bupati Lombok Tengah HM Nursiah dalam keterangannya di Lombok Tengah, Rabu.

Hal itu disampaikan Nursiah saat meresmikan ruang VIP dan VVIP RSUD Praya, Selasa (23/1).

Menurutnya, peningkatan kualitas layanan kesehatan terutama pelayanan di rumah sakit  harus terus tetap ditingkatkan agar tidak ada lagi keluhan dari masyarakat sebagai konsumen dari RSUD Praya ini. Saat ini, kata dia, kualitas sarana dan prasarana ruang VIP dan VIPP sudah cukup baik, namun sarana dan prasaran ini harus diimbangi dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan di tugaskan.

"SDM harus berkompetensi dengan skil yang cekatan dan mumpuni. Terutama dari segi etika SDM yang memberikan layanan  harus ramah, murah senyum dan responsif terhadap kebutuhan pasien," katanya.

“Hal ini akan memberikan rasa tenang dan percaya baik oleh pasien termasuk keluarganya  pasien,” ucapnya menambahkan.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah mengucurkan Rp1,4 miliar renovasi VIP RSUD Praya
Baca juga: RSUD Praya menyediakan layanan bedah syaraf

Sementara itu, Direktur RSUD Praya dr. Mamang Bagiansah mengatakan dalam peresmian ruang VIP dan VVIP sebenarnya tidak membangun gedung baru, namun merenovasi gedung VIP yang sudah ada.  Anggaran renovasi tersebut  bersumber  dari APBD Kabupaten Lombok  Tengah  2023 Rp1,4 miliar .

Ia mengatakan, ruang VIP itu direnovasi, karena sarana dan prasarana yang sudah tidak memenuhi standar dan juga  menambahkan dua  ruangan VVIP, satu ruang VVIP di lantai satu dan satu ruang lagi di lantai dua. Untuk perbedaan ruang VIP biasa dengan VVIP ini ada pada luas ruangan, fasilitas seperti lemari, meja mini bar dan tempat tidur serta sofa untuk penunggu pasien.

"Dengan selesainya rehab bangunan ini maka untuk saat ini kami memiliki 12 ruangan VIP standar dan 2 ruangan VVIP," katanya.

Menurutnya, hal ini menjadi bukti komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pelayanan RSUD Praya untuk tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Semoga bangunan VIP dan VVIP ini dapat menjadi episentrum baru kualitas pelayanan kesehatan yang berstandar tinggi di RSUD Praya.

“Yang kemudian dapat menular ke semua titik-titik pelayanan yang lain,”katanya.

Baca juga: Wakil Bupati Lombok Tengah tinjau RSUD Praya