PSI Lombok Tengah imbau para relawan jaga kondusifitas pasca Pemilu 2024

id Lombok Tengah ,PSI ,Pemilu 2024,kondusifitas,pasca pemilu 2024

PSI Lombok Tengah imbau para relawan jaga kondusifitas pasca Pemilu 2024

Ketua DPD PSI Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB, M Sahirudin (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Saya mengimbau kepada para caleg dari PSI atau para relawan untuk tidak mengambil tindakan yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengimbau para relawan maupun calon legislatif dari PSI untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah pasca pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saya mengimbau kepada para caleg dari PSI atau para relawan untuk tidak mengambil tindakan yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas atau kondusifitas pasca Pemilu 2024," kata Ketua DPD PSI Kabupaten Lombok Tengah M Sahirudin di Praya, Rabu.

Ia mengatakan proses pemilihan umum ini telah berjalan sesuai dengan tahapan, sehingga proses rekapitulasi yang sedang berlangsung di kecamatan harus tetap dikawal tanpa melakukan hal yang dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

"Tidak ada persoalan yang signifikan dalam Pemilu 2024 ini, sehingga kita harus memberikan ruang kepada penyelenggara untuk menyelesaikan tahapan Pemilu 2024 ini," katanya.

Baca juga: Sirekap KPU: Pendulang suara terbanyak DPR di Dapil NTB I dan II

Ia mengatakan jika ada dugaan pelanggaran dalam Pemilu 2024 tersebut, diharapkan para relawan maupun kader dari PSI untuk menempuh jalur hukum sesuai dengan aturan. Sehingga para kader PSI diharapkan tidak melakukan tindakan yang dapat merugikan partai maupun masyarakat.

"Jika ada proses kecurangan dalam pemilu ini bisa dilaporkan, kita ikuti proses pleno di kecamatan sesuai aturan. Mari kita kawal bersama," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya juga telah melayangkan laporan ke Bawaslu Lombok Tengah terkait dengan adanya dugaan kecurangan dalam Pemilu 2024 di Lombok Tengah.

"Laporan itu tetap diproses, kita berikan waktu kepada Bawaslu untuk menindaklanjuti," katanya.

Ia mengatakan dari enam kursi DPRD Lombok Tengah pada Pemilu 2024, DPD PSI masih memiliki peluang untuk mendapatkan satu kursi di dapil empat Lombok Tengah. Sedangkan untuk di dapil lainnya tidak ada peluang, atau masih jauh dari target, karena kursi di dapil lain diraih oleh partai besar.

"Kita partai baru, sehingga target satu kursi bisa tercapai di Pemilu 2024," katanya.

Dalam Pemilu 2024 ini banyak hal yang bisa dijadikan pelajaran, sehingga pihaknya optimis untuk Pemilu 2029 mendatang bisa meraih kursi DPRD lebih banyak sesuai dengan yang diharapkan.

"Kami tetap membuka peluang bagi siapapun yang ingin bergabung dengan PSI," katanya.