KPU Lombok Tengah jadwalkan pleno kabupaten 1 Maret

id Lombok Tengah ,Pemilu 2024,NTB

KPU Lombok Tengah jadwalkan pleno kabupaten 1 Maret

Anggota Komisioner KPU Lombok Tengah, Provinsi NTB, Aziz Muslim (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadwalkan pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara atau pleno tingkat kabupaten digelar 1 Maret 2024.

"Pleno kabupaten hasil Pemilu mulai digelar tanggal 1-5 Maret 2024," kata anggota Komisioner KPU Kabupaten Lombok Tengah Aziz Muslim di Praya, Kamis.

Oleh karena itu, pihaknya saat ini sedang melakukan persiapan termasuk melakukan koordinasi dengan semua anggota PPK, Bawaslu dan aparat TNI-Polri dalam rangka membahas persiapan pleno tingkat kabupaten tersebut. Sedangkan untuk lokasi pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 tersebut dipusatkan di Aerotel Praya.

"Hari ini kita sedang melakukan persiapan untuk pleno tingkat kabupaten," katanya.

Ia mengatakan untuk pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan atau ppk sedang dalam proses dan ditargetkan rampung hingga malam atau paling tidak sebelum pleno tingkat kabupaten dimulai.

"Pleno rekapitulasi penghitungan di tingkat ppk belum rampung," katanya.

Dari 12 kecamatan di Lombok Tengah, PPK yang telah selesai melaksanakan pleno yakni di Kecamatan Jonggat, Pringgarata, Praya Barat Daya, Praya Tengah, Praya dan Kecamatan Batukliang Utara. Sedangkan pleno di ppk yang belum selesai yakni di Kecamatan Pujut, Praya Timur, Kopang, Batukliang dan Kecamatan Praya Barat.

"Hari ini kita upayakan pleno di PPK itu rampung semua. Pleno kabupaten kota mulai siang Jumat untuk pembukaan. Jika tidak bisa mulai besok, paling tidak Sabtu (2/3)," katanya.

Sebelumnya , Ketua KPU Kabupaten Lombok Tengah, Hendri Harliawan mengatakan jumlah tempat pemungutan suara (tps) di Lombok Tengah mencapai 3316 tps yang tersebar di 154 desa di 12 kecamatan. Sedangkan untuk jumlah daftar pemilih tetap (dpt) sebanyak 375.070 pemilih laki-laki dan 397.336 pemilih perempuan.

"Sehingga total DPT Lombok Tengah mencapai 772.406 pemilih," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan jumlah dpt tersebut, jumlah surat suara yang dicetak itu mencapai 772.406 ditambah 2 persen berbasis tps dengan jumlah surat suara tambahan sebanyak 16.958 surat suara, sehingga total surat suara yang dicetak mencapai 789.364 surat suara untuk masing-masing jenis pemilihan yakni DPRD kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2024.

"Jadi total surat suara yang dicetak untuk lima jenis surat suara tersebut mencapai 3.946.820 surat suara baik itu untuk caleg DPRD, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD, presiden dan wakil presiden," katanya.