Waktu sandar kapal pesiar di Pelabuhan Gilimas Lombok Barat meningkat

id Kapal pesiar ,Gilimas ,Lombok Barat,Pelabuhan Gilimas

Waktu sandar kapal pesiar di Pelabuhan Gilimas Lombok Barat meningkat

Kapal pesiar saat sandar di Pelabuhan Gilimas, Lembar Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB, Kamis (7/03/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Barat)

Mulai 2024 terjadi peningkatan lama sandar kapal pesiar selama 12 jam dari sebelumnya pada 2023 lama sandar hanya 6 jam

Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan waktu sandar kapal pesiar yang membawa ratusan wisatawan di Pelabuhan Gilimas, Kecamatan Lembar meningkat menjadi 12 jam bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Mulai 2024 terjadi peningkatan lama sandar kapal pesiar selama 12 jam dari sebelumnya pada 2023 lama sandar hanya 6 jam," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Fajar Taufik di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan dampak yang dirasakan masyarakat yang bergerak di bidang usaha pariwisata dengan kedatangan kapal pesiar itu sangat mendukung pergerakan ekonomi masyarakat, karena wisatawan kapal pesiar banyak mengunjungi objek wisata yang ada di pulau Lombok, khususnya Lombok Barat, Kota Mataram, dan Lombok Utara serta Lombok Tengah.

"Wisatawan yang datang itu mereka mengunjungi tempat wisata di Lombok," katanya.

Baca juga: Kapal pesiar Norwegian Jewel bawa 2.300 wisatawan ke Lombok NTB

Selain berdampak terhadap warga yang ada di tempat wisata, wisatawan yang datang itu memberikan dampak positif terhadap jasa transportasi dan  ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan di NTB.

"Ini bisa mendukung peningkatan kunjungan wisatawan di NTB," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya berharap semua masyarakat bisa memberikan rasa aman dan nyaman terhadap wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ataupun desa wisata yang ada di Lombok, sehingga mereka bisa kembali datang untuk berkunjung dengan mengajak wisatawan lainnya.

"Kami berharap warga tetap memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan yang datang di NTB," katanya.

Baca juga: Kapal pesiar Aida Bellla singgah di Pelabuhan Lembar angkut 2.030 wisatawan

Ia mengatakan pada pekan ini kapal pesiar Pasifik Adventure bersandar di Pelabuhan Gilimas dengan membawa penumpang sekitar 1.300 orang wisatawan yang kebanyakan dari Australia dan New Zealand.

Dari ribuan wisatawan tersebut, sebanyak 400 penumpang telah dijadwalkan pihak operator tur berkeliling mengunjungi sejumlah tempat-tempat wisata di Mataram, Narmada, Lingsar, Senggigi hingga Mandalika.

"Sudah 6 kapal pesiar yang telah bersandar dari rencana 27 kapal pesiar yang akan sandar di pelabuhan Gilimas 2024," katanya.

Baca juga: Puluhan kapal pesiar mewah akan singgah di Lombok
Baca juga: Pelindo rancang Pelabuhan Benoa bisa tampung lima kapal pesiar