Kapal pesiar Norwegian Jewel bawa 2.300 wisatawan ke Lombok NTB

id Kapal pesiar ,Lombok ,NTB

Kapal pesiar Norwegian Jewel bawa 2.300 wisatawan ke Lombok NTB

Wisatawan kapal pesiar saat tiba di pelabuhan Gilimas Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi NTB, Selasa (6/02/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Barat)

Mataram (ANTARA) - Kapal pesiar Norwegian Jewel bersandar di Pelabuhan Gilimas Lembar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan membawa 2.300 wisatawan.

“Wisatawan yang datang ini kebanyakan berasal dari Eropa,” kata Nedi salah satu pemandu wisata lepas di Gerung, Selasa.

Wisatawan yang turun dari kapal pesiar terlihat disambut langsung dengan kesenian Gendang Beleq sebelum berangkat menuju sejumlah destinasi wisata yang ada di Lombok.

Dari informasi PT Lombok Paradise yang merupakan operator tur kapal pesiar ini, pihaknya menangani 460 wisatawan.

“Mereka akan mengunjungi sejumlah destinasi wisata seperti Taman Narmada, Taman Lingsar, Pasar Seni Sesela, Senggigi, Mataram hingga Mandalika,” katanya.

Ia mengatakan wisatawan tersebut tidak hanya ke destinasi yang sudah disebutkan, sejumlah wisatawan yang memilih pemandu wisata lainnya terlihat dibawa ke sejumlah tempat terdekat seperti di hutan Mangrove di Lembar Selatan hingga ke gili-gili di Sekotong.

"Teman-teman pemandu juga banyak dapat tamu, itu kita bawa ada yang ke Mangrove Lembar hingga ke gili di Sekotong pake perahu," katanya.

Rencana membawa wisatawan kapal pesiar mengunjungi destinasi terdekat dan desa-desa wisata di sekitar Pelabuhan Gilimas memang sudah sejak lama diwacanakan.

"Kita sudah rencanakan sejak jauh-jauh hari, kita sudah undang tur operator ke desa-desa wisata terdekat, dan melihat langsung kelayakannya, kita juga sudah diskusi dengan pihak desa-desa wisata, semoga saja progres untuk itu bisa berjalan lancar," ucap Irman.

"Syukur teman-teman yang freelance sudah mulai membawa wisatawan kapal pesiar ke tempat-tempat terdekat, kita apresiasi sekali, semoga saja lebih banyak destinasi yang bisa dikunjungi ke depan," lanjutnya.

Ia pun berharap semua pihak bisa memperhatikan kualitas pelayanan terhadap wisatawan yang datang, agar kesan baik pariwisata Lombok Barat khususnya bisa lebih terdengar luas.

Sebelumnya, Kapal pesiar Aida Bellla Italia bersandar di Pelabuhan Gilimas Lembar, Kabupaten Lombok Barat dengan membawa ribuan wisatawan

“Kapal pesiar Aida Bella yang bersandar ini membawa sekitar 2.030 penumpang yang mayoritas berasal dari Jerman,” kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Lombok Barat, Irman Sumantri.

Baca juga: Kapal pesiar Aida Bellla singgah di Pelabuhan Lembar angkut 2.030 wisatawan
Baca juga: Pelindo rancang Pelabuhan Benoa bisa tampung lima kapal pesiar

Ia mengatakan sebanyak 830 penumpang dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat-tempat wisata yang ada di Lombok seperti Narmada, Lingsar, Sesela, Senggigi, Mataram hingga ke Gili Air dan Gili Trawangan.

"Itu jumlah tamu kapal pesiar yang di kelola langsung oleh Bidy Tour selaku operator tur resmi, itu dibagi jadi 27 bus," katanya.