Paulo Dybala pimpin AS Roma telan Brighton skor 4-0

id AS Roma, Brighton, Liga Europa, sepak bola Internasional

Paulo Dybala pimpin AS Roma telan Brighton skor 4-0

Striker AS Roma Paulo Dybala (kedua dari kanan) merayakan gol bersama rekan-rekan satu tim dalam pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Europa antara AS Roma dan Brighton and Hove Albion di Stadion Olimpiade di Roma pada 7 Maret 2024. (AFP/ANDREAS SOLARO)

Jakarta (ANTARA) - AS Roma menang besar 4-0 atas Brighton & Hove Albion dalam leg pertama 16 besar Liga Europa di Stadion Olimpico pada Jumat dini hari WIB. Ini membuat satu kaki Giallorossi menapak  perempatfinal kompetisi itu.

Tuan rumah memimpin 2-0 pada babak pertama lewat Paulo Dybala dan Romelu Lukaku. Dua gol lain datang selepas turun minum dari kreasi Gianluca Mancin dan Bryan Cristante.

Hasil ini menjadi modal penting Roma saat bertandang ke kandang Brighton pada leg kedua pekan depan. Roma sudah nyaris memimpin saat laga baru berjalan dua menit. Romelu Lukaku menanduk bola di depan kotak penalti, tetapi ditepis Jason Steele.

Percobaan gol Roma lainnya terjadi pada menit ketujuh. Lewat serangan balik, Stephan El Shaarawy melepaskan tembakan tapi masih bisa ditepis lawan. Roma memimpin 1-0 pada menit ke-13. Paulo Dybala mencetak gol setelah lepas dari posisi offside saat menerima bola terobosan Leandro Paredes.

Roma memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-43 lewat Lukaku setelah Lewis Dunk gagal mengontrol bola. Svilar membuat penyelamatan pada masa injury. Kiper Roma itu dengan gemilang menepis bola tembakan Welbeck. Skor 2-0 bertahan sampai turun minum.

Baca juga: Guardiola sebut Manhester City setara dengan tim elite Eropa
Baca juga: Tim Lazio dekati zona kualifikasi Eropa usai tekuk Torino skor 2-0


Roma tetap bermain agresif pada babak kedua. Klub Italia itu memperbesar keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-64.  Gianluca Mancini sukses menyodok bola lambung dari umpan El Shaarawy di tiang jauh.

Keunggulan Roma membesar menjadi 4-0 pada menit ke-68. Kali ini Bryan Cristante mencetak gol lewat sundulan. Brighton gagal membuat gol hiburan sehingg   Roma menuntaskan laga dengan kemenangan telak 4-0.